Detroit, Mobilitas – Selain pabrikan atau merek lokal, di pasar Amerika Serikat (AS) juga dijajakan mobil merek asal negara lain baik dari Eropa maupun Asia seperti dari Korea dan Jepang.
Data American Automobile Manufacturers Association (AAMA) dan North America Automobile Dealer Association (NAADA) yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Senin (11/11/2024) menunjukkan selama Januari – Oktober 2024, tiga pabrikan atau merek yang menjadi penguasa pasar mobil di negeri adidaya tersebut. Mereka adalah Toyota, Ford, dan Honda.
Fakta data berbicara, Toyota (tidak termasuk Lexus) menjual mobil sebanyak 1.640.686 unit. Jumlah ini meningkat 4,3 persen dibanding total penjualannya pada Januari – Oktober 2023, dan menjadikan Toyota berada di urutan pertama di daftar penjual mobil terbanyak.
Kedua, Ford Motor Company. Pabrikan lokal Negeri Paman Sam itu – selama sepuluh bulan pertama 2024 – meraup angka penjualan sebanyak 1.625.571 unit. Total angka penjualan ini meningkat 2,95 persen dibanding periode sama di tahun lalu.
Sedangkan pabrikan ketiga yang membukukan penjualan terbanyak adalah Honda. Sekondan Toyota dari Jepang itu berhasil menyerok angka penjualan sebanyak 1.058.869 unit, meningkat 10,6 persen dibanding sepuluh bulan pertama di tahun 2023.
Meski demikian, ternyata mobil yang paling banyak dibeli konsumen Amerika Serikat itu mobil pick up Ford F-Series. Total penjualannya di Januari – Oktober 2024 itu mencapai 618.318 unit.
Sementara mobil terlaris kedua adalah Toyota RAV yang di periode itu laku sebanyak 389.718 unit. Adapun mobil terlaris ketiga adalah Honda CR-V yang terlego sebanyak 328.992 unit. (Din/Aa)