Jakarta, Mobilitas – Pertarungan di segmen pasar Sport Utility Vehicle (SUV) medium sepanjang Januari hingga Juni tahun ini, terbilang sengit. Di tengah kondisi pasar yang masih belum pulih dari sengatan wabah virus corona (pandemi Covid-19), para pemain berjuang keras memperebutkan minat konsumen yang masih berminat membeli mobil.
Data yang dihimpun Mobilitas dari laporan penjualan ritel ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, Wuling Almaz – yang terdiri dari Wuling Almaz RS dan Wuling Almaz – tercatat sebagai SUV medium dengan penjualan terbanyak. Totalnya, 4.383 unit.
Rinciannya, Wuling RS berhasil didulang angka penjualan sebanyak 2.299 unit. Sementara Wuling Almaz, berhasil meraup angka penjualan ritel sebanyak 2.084 unit.
Pada kurun waktu yang sama, Honda CR-V mengoleksi angka penjualan ritel sebanyak 3.704 unit. Artinya, jika dibanding gabungan penjualan duo Almaz itu, penjualan Honda CR-V terpaut 679 unit.
Terbanyak ketiga adalah, Mazda CX Series yang terjual ke konsumen sebanyak 495 unit. Di belakangnya terdapat Hyundai Santa Fe yang terlego 194 unit.
Peugeot 3 series berada di urutan berikutnya setelah terjual 64 unit. Dia disusul Nissan X-Trail yang berada persis di belakanya, setelah diboyong konsumen sebanyak 44 unit.
SUV medium sekondan Wuling – yang juga berasal dari Republik Rakyat Cina (Cina) – yakni Dongfeng Sokon (DFSK) menempati posisi di belakang Nissan X-Trail.
SUV ini terjual sebanyak 12 unit, yang dibukukannya pada Januari sebanyak 2 unit, Februari 4 unit, Maret nihil, April 1 unit, Mei nihil, dan Juni 5 unit.
Sedangkan di urutan terakhir, terdapat Renault Koleos yang laku 2 unit. Penjualan terjadi di bulan Januari, selebihnya Februari hingga Juni kosong. (Jrr/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id