Stuttgart, Mobilitas – Pabrikan spesialis mobil sport berkinerja tinggi, asal Stuttgart, Jerman – Porsche AG – enam bulan pertama tahun ini tersenyum lega. Sepanjang kurun waktu Januari hingga Juni, dia berhasil membukukan kenaikan penjualan hingga 31% dibanding periode sama tahun 2020.
Dalam laporan penjualan semsteran, yang dirilis melalui situs resmi perusahaan, Jumat (16/7/2021), Porsche mengaku penjualannya di paruh pertama tahun ini mencapai 153.656 unit.
Jumlah ini sebagian besar berasal dari penjualan Porsche Cayenne yakni sebanyak 44.050 unit atau setara dengan 28,6% dari total penjualan yang dibukukan sepanjang semester pertama itu. Sedangkan bagi Cayenne, penjualan itu meningkat 12% dibanding enam bulan pertama tahun lalu.
Model lain yang menyumbang penjualan banyak adalah Taycan all-electric yang terjual 19.822 unit. Lalu Porsche 911 sebanmyak 20.611 unit, dan Porsche Panamera 13.633 unit .
Kemudian Porsche 718 Boxster dan Porsche 718 Cayman sebanyak 11.922 unit.
“Peningkatan pengiriman pada paruh pertama tahun ini berada di atas pasar secara keseluruhan,” ujar Anggota Dewan Eksekutif Penjualan dan Pemasaran Porsche AG, Detlev von Platen.
Wilayah pemasaran yang terbanyak menyumbang angka penjualan adalah Amerika Serikat dengan jumlah 36.326 unit atau naik 50% dibanding semester pertama 2020. Lalu Asia Pasifik, Afrika, dan Timur Tengah yang mencatatkan total penjualan 69.198 unit.
Sedangkan di Eropa sebanyak 40.000 unit lebih atau naik 25% dari tahun lalu. Dari jumlah penjualan di Eropa tersebut, 13.094 unit dibukukan di Jerman.
Sedangkan negara penyerap terbanyak produk Porsche adalah Cina. Di negara dengan jumlah penduduk sebanyak 1,43 miliar jiwa itu Porsche mencatatkan penjualan sebanyak 48.654 unit. (Dam/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id