Jakarta, Mobilitas – PT BYD Motor Indonesia meluncurkn Multi Purpose Vehicle (MPV) listrik kelas premium Denza D9 dengan harga Rp 950 juta. Denza merupakan submerek dari Build Your Dreams (BYD) yang didirikan BYD bersama pabrikan mobil mewah asal Jerman, Mercedes-Benz.
Namun, setelah restrukturisasi kepemilikan saham pada tahun 2021 dan 2024, Denza menjadi merek yang 100 persen sahamnya dimiliki oleh BYD. Kolaborasi BYD – Mercedes-Benz itu menggabungkan teknologi canggih yang dimiliki BYD dengan warisan kemewahan Mercedes-Benz.
“Kehadiran Denza D9 menggabungkan inovasi, desain elegan, dan nilai terbaik pada kelasnya. Kami percaya bahwa Denza akan terus berkontribusi dalam menciptakan solusi mobilitas yang berkelanjutan dan berkualitas di Indonesia,” papar President Director PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao saat memberi sambutan dalam peluncuran mobil itu di Jakarta, Rabu (22/1/2025).
Menurut Zhao, menawarkan performa yang tak tertandingi melalui platform e-Platform 3.0 dimana motor listrik yang dipadukan dengan Blade Battery membuat mobil mmpu menempuh jarak hingga 600 kilometer (km) sekali isi baterai. Sementra pengisian cepat baterai 166 kW dalam waktu 10 menit cukup membuat mobil menempuh jarak 150 km.
Dalam hal keselamatan Denza D9 dilengkapi 8 airbags, sistem Auto Emergency Brake (AEB) dan bodinya menggunakan hampir 80 persen baja berkekuatan tinggi. Bodi ini juga diperkuat oleh balok anti tabrakan depan ganda.
“Mobil ini juga dilengkapi Intelligent Driving Assist System, yaitu Denza Pilot-Advanced Driver Assistance System, yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang nyaman. Sistem ini didukung oleh LiDAR (Light Detection and Ranging), radar, kamera, sensor ultrasonik, AI canggih, dan peta HD, yang bersama-sama menciptakan pengalaman berkendara yang aman dan intuitif,” jelas Zhao.
Denza D9 juga dilengkapi DiLink intelligent interactive system dimana system akan mengintegrasikan berbagai fitur digital dan kemampuan interaktif. Sehingga memberikan kenyamanan, hiburan, dan konektivitas kepada penggunanya dengan layar head unit ultra- high-definition sebesar 15,6 inci.
Tetapi masih banyak kecanggihan yang disuguhkan mobil ini baik dalam menunjang kenyaman maupun keamanan berkendara. “Dengan segala kecanggihannya, Denza D9 banyak dipesan konsumen. Di Cina, D9 telah meraih kesuksesan luar biasa dengan menjadi multi-purpose electric vehicle terlaris di Cina pada tahun 2023 dan mencatat penjualan kumulatif N nomor stu pada tahun 2024,” ujar General Manager BYD Asia Pacific Auto Sales Division, Liu Xueliang.
Sekadar informasi, data Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) yang disitat Mobilitas di Jakarta, Rabu (22/1/2025) memperlihatkan di tahun 2024 sebnyak 127.840 mobil Denza terjual ke konsumen di Cina. Tahun 2025 ini merek tersebut mematok target penjualan tembus 300.000 unit di negeri asalnya itu. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id