Jakarta, Mobilitas – Hajatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 yang digelar pada 13-23 Februari 2025 di JIExpo Kemayoran, Jakarta masih memiliki magnet yang luar biasa bagi masyarakat untuk berkunjung maupun membeli kendaraan baru.
Terbukti, jumlah pengunjung pameran otomotif tahunan itu sertta nilai transaksi yang dibukukan masih meningkat dibanding tahun 2024 lalu. Padahal, kondisi pasar kendaraan bermotor – baik roda empat maupun roda dua – dihantui kelesuan.
Keterangan resmi Dyandra Promosindo selaku penyelenggara pameran yang diterima Mobilitas di Jakarta, Senin (3/3/2025) menyebut selama 11 hari penyelenggaraan IIMS 2025, jumlah pengunjung mencapai 579.337 orang. Jumlah ini meningkat 3 persen dibanding jumlah pengunjung IIMS 2024.
Sementara, jumlah kendaraan yang terpesan (dengan bukti tercatat dalam Surat Pemesanan Kendraan atau SPK) sebanyak 22.322 unit. “Angka (jumlh kendaraan yng terpesan) tersebut masih memungkinkan bertambah seiring rekap beberapa merek yang masih terus berjalan,” ungkap Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung.
Sedangkan nilai transaksi yang dibukukan di gelaran itu naik 19 persen dibanding total nilai transaksi yang tercetak pada IIMS 2024. Totalnya mencapai Rp 8 triliun.
Selama perhelatan IIMS 2025 berlangsung, ada 10 merek mobil yang telah meluncurkan model baru. Diantara mereka yang meluncurkan model baru itu adalah Toyota, Honda, Hyundai, Chery, hingga BYD.
Sekadar informasi, penjualan mobil di Tanah Air dalam beberapa wktu terakhir terus menyusut. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Senin (3/3/2025) menunjukkan selama tahun 2024, jumlah mobil yang terjual dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) sebanyak 889.680 unit. Melorot 10,9 persen dibanding tahun 2023 yang masih mencapai 998.059 unit.
Adapun di Januari tahun 2025 ini, penjualan ritel yang dibukukan seluruh pabrikan hanya 63.858 unit, merosot 18,6 persen dibanding Januari tahun lalu yang sebanyak 78.437 unit. Bahkan anjlok hingga 22,2 persen dibanding penjualan ritel selama Desember 2024 yang sebanyak 82.094 unit. (Jrr/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id