Mobility

Menjajal Chery TIGGO 8: Performa, Kenyamanan, dan Kecanggihannya Mengesankan

×

Menjajal Chery TIGGO 8: Performa, Kenyamanan, dan Kecanggihannya Mengesankan

Share this article
Chery TIGGO 8 CSH resmi mengaspal di Indonesia - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Untuk kali pertama PT Chery Sales Indonesia (CSI) memberikan kesempatan kepada awak media untuk merasakan sensasi berkendara Tiggo 8 CSH, SUV 7-penumpang yang dipersenjatai teknologi plug-in hybrid pertama di lini produk Chery.

Melalui acara Media First Impression & Test Drive Chery Tiggo 8 CSH di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta pada 15 April 2025, CSI memberikan kesempatan para awak media untuk merasakan dan mengekplorasi kemampuan teknologi Chery Super Hybrid yang dicangkokkan pada Tiggo 8 CSH.

Desain
Secara keseluruhan, tak ada perubahan yang signifikan pada SUV 7-penumpang ini. Layaknya sebuah SUV, Chery Tiggo 8 SCH terlihat kokoh dan sporty melaui garis desain dengan sudut body yang rounded.

Tampilan sporty diperkuat oleh bentuk grill yang diberi sentuhan baru serta cluster lampu depan yang lebih sipit untuk menciptakan kesan agresif. Sementara pelek berdiameter 19 inch berbalut ban berukuran 255/50R19 memperkuat tampilan yang kokoh.
Dimensi SUV tiga baris kursi penumpang ini berukuran panjang x lebar x tinggi (4725 mm x 1860 mm x 1705 mm) dengan wheel base 2710 mm.

Prototipe Chery Tiggo 8 CSH varian berpenggerak empat roda atau AWD – dok.Mobilitas

Ruang Kabin Senyap
Memasuki kabin Chery Tiggo 8 CSH, nuansa khas mobil listrik (EV) langsung terasa. Nuansa ini tercipta dari head unit LCD layar sentuh berukuran besar yang menjadi pusat pengaturan berbagai fitur yang memanjakan penumpang dan pengendara.

Demi keamanan, layar tersebut dapat dioperasikan dengan perintah suara sehingga pengendara dapat fokus melakukan tugasnya dengan nyaman dan aman.

Saat seluruh pintu Tiggo 8 CSH tertutup, suara bising dari lingkungan sektar mobil langsung hilang dan kabin pun langsung senyap.
Fitur dan Teknologi

Sebagai SUV generasi terbaru yang diproyeksikan sebagai mobil keluarga, Chery menyematkan segudang fitur, baik dari segi keamanan maupun kenyamanan pengendara dan penumpang sperti 14 fitur (Advance Driver Assistance System) ADAS termasuk Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning, dan Automatic Braking System.

Menariknya, kursi penumpang depan disematkan fitur pijat (massage seat) dengan beberapa arah pijatan. Selain itu, juga tersemat ottoman seat atau sanggahan kaki yang dapat diatur posisinya secara elektrik.

Fitur kamera 540 yang ada di Chery TIGGO 8 CSH – dok.Mobilitas.id

Fitur menarik lainnya adalah pengaplikasian fitur kamera 540 yang dapat memantau area sekitar mobil secara real time. Fitur ini sangat membantu pengendara memantau kondisi sekitar mobil, posisi parkir dan posisi mobil saat melaju di jalan padat atau sempit.

Mesin dan Performa
Jantung dari performa Tiggo 8 CSH adalah mesin ACTECO H4J15 berkapasitas 1.500 cc turbo, yang dikembangkan untuk platform Chery Super Hybrid generasi terbaru. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 243 PS dan torsi hingga 215 Nm dengan konsumsi bahan bakar yang sangat efisien, mencapai 76 Km/liter berdasarkan pengujian WLTC.

Efisiensi termal mesin yang mencapai 44,5 persen turut menempatkannya jauh di atas rata-rata standar industri saat ini. Sinergi antara mesin dan motor listrik semakin disempurnakan oleh Transmisi 1DHT Super Electric Hybrid tanpa stepless.

Transmisi canggih ini memungkinkan perpindahan daya yang halus dan presisi. Sebagai mobil plug-in hybrid, tersedia dua pilihan penggunaan power train, Full EV dan HEV.

Sayangnya, karena keterbatasan waktu dalam sesi test drive tersebut, jurnalis mobilitas.id tak bisa mengeksplorasi lebih jauh teknologi yang diunggalkan pada Super Hybrid ini, yaitu CSH Intelligent Driving Control System.

Chery TIGGO 8 CSH akan diluncurkan secara resmi di Indonesia pada Mei 2025 – dok.Mobilitas

Pasalnya, sistem inilah yang mengatur penggunaan power train secara otomatis saat berkendara (mesin bensin dan motor listrik) yang mampu meningkatkan kemampuan jelajah, luaran tenaga hingga konsumsi daya yang jauh lebih efisien. Karena sistem ini secara cerdas akan mengatur penggunaan power train dan pengisian daya baterai yang disesuaikan dengan kondisi jalan raya dan gaya berkendara.

Sistem ini menawarkan tiga mode berkendara yaitu Eco, Normal dan Sport. Pada mode Eco dan Normal, tenaga yang tersalur ke roda terasa smooth. Aliran tenaga ke roda untuk menggerakan SUV 7-penumpang ini memberikan kenyamanan lebih bagi seluruh penumpang.

Untuk pengendaraan yang agresif, mode Sport akan sangat cocok digunakan. Jambakan tenaganya terasa lebih besar dan responsif membuat manuver jadi lebih agresif.

Jika masih kurang puas, pengemudi dapat pengatur Advance Driving Mode-nya. Ada empat pilihan driving mode yang tersedia yakni Driving Mode, Power Saving Mode, Energy Recovery dan Power Mode dimana setiap mode tersedia tiga sub setingan yang dapat disesuaikan sesuai keinginan. (Jayadi)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id