New York, Mobilitas – Divisi otomotif dari perusahaan kondang asal Jepang Subaru Corporation – yakni Subaru – menjadwalkan peluncuran generasi baru alias generasi kelima dari sedan sport yang dikenal sebagai mobil reli Subaru, yaitu Subaru WRX pada 19 Agustus nanti. Peluncuran akan dilakukan di hari pertama (press day) gelaran New York International Auto Show (NYIA).
Seperti dilaporkan laman The Drive dan Detroit Herald, Rabu (28/7/2021) Subaru telah menebar gambar teaser alias gambar penggoda sebagai gambaran dan pengumuman peluncuran sosok generasi anyar itu. Meski, gambar itu tidak cukup jelas untuk mendiskripsikan hal-hal baru di Subaru WRX generasi teranyar tersebut.
“WRX baru akan hadir menyapa dunia di Javits Center selama gelaran New York International Auto Show (NYIA). Jika Anda tidak bisa hadir secara langsung, Anda bisa menyaksikannya secara langsung melalui akun Youtube pada 19 Agustus,atau sehari sebelum acara pameran (NYIA) itu dibuka untuk umum,” bunyi pengumuman yang dirilis Subaru.
Dugaan yang kuat hanya tertuju pada kemungkinan mesin yang bakal disandang WRX paling anyar itu. Sebab, beberapa waktu lalu, Subaru telah memperkenalkan mesin FA20F 2.0 liter turbocharged. Generasi keempat – atau versi kini yang hadir di pasar dunia sejak tahun 2014 hingga kini – juga mesin turbocharged flat-four yang menyemburkan tenaga hingga 268 hp.
Meski banyak kalangan pecinta mobil reli versi jalanan yang memperkirakan semburan tenaga generasi kelima ini bakal lebih joss. Bahkan diprediksi mencapai 300 hp.
Penjualan di Amerika
Subaru WRX berawal dari mobil reli yang bernama Subaru Impreza, yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1992. Sebagai mobil reli, Subaru Impreza versi ini tak dilengakpi AC, rem ABS, dan klakson.
Kemudian pada tahun 1994, Subaru memperkenalkan WRX STI, yang merupakan versi lanjutan dari WRX. Dan generasi pertama berakhir pada tahun 2000.
Selanjutnya, di pertengahan tahun 2000 generasi kedua lahir (tahun 2000 – 2007). Generasi ini megadopsi gaya desain Bug Eye. Dengan gaya desain ini, gaya bodi coupe pun menghilang , dan berlangsung hingga generasi ketiga.
Pada generasi ketiga (2007– 2014) ini Subaru menyempurnakan gaya desain yang bersangkutan. Bodinya lebih lebar dan lebih panjang dari sebelumnya. Bahkan, Subaru juga mengganti varian wagon dengan hatchback lima pintu.
Mesin yang diusung generasi ini, meski tidak berubah namun settingannya disempurnakan. Walhasil, performanya pun lebih joss dibanding generasi lawas.
Pada generasi keempat yang lahir sejak 2014 itu, Subaru menghapus model WRX dan WRX STI dari naungan Impreza. Meski, dari segi bentuk atau wujud masih sama, namun ada penajaman pada bagian depan maupun belakang yang lebih unik.
Sejak lahir hingga generasi keempat sekarang ini, penjualan Subaru WRX cukup laris di wilayah Amerika Utara (khususnya Amerika Serikat dan Kanada).
Berikut data penjualan yang dirilis Subaru Amerika Utara seperti yang dikutip Good Car Bad Car, belum lama ini.
Amerika Serikat:
2016 : 30.943 unit
2017 : 31.358 unit
2018 : 28.730 unit
2019 : 21.838 unit
2020 : 21.178 unit
2021 : 4.272 unit
Kanada
2016 : 3.964 unit
2017 : 4.616 unit
2018 : 4.377 unit
2019 : 2.706 unit
2020 : 3.687 unit
2021 : 1.548 unit.
Catatan: Penjualan tahun 2021 adalah penjualan sepanjang Januari hingga Juni. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id