Bisnis

Selama Kuartal Pertama 2025 Penjualan Mazda di Indonesia Anjlok

×

Selama Kuartal Pertama 2025 Penjualan Mazda di Indonesia Anjlok

Share this article
Salah satu model mobil Mazda yang disajikan di GIIAS 2024 - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas –Besaran penurunan penjualan mobil Mazda yang di Indonesia dijajakan PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) sepanjang Januari – Maret 2025, jauh lebih besar ketimbang besaran turunnya pasar mobil di Tanah Air.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Selasa (29/4/2025) menunjukkan selama tiga bulan pertama 2025 itu Mazda membukukan penjulan ke dealer (wholesales) sebanyak 667 unit.

Total penjualan ke dealer tersebut anjlok 33,6 persen dibanding jumlah wholesales yang dikantonginya selama periode sama di tahun 2024. Pada bulan Maret saja, jumlah wholesales mobil merek asal Jepang ini sebanyak 281 unit, anjlok hingga 41,3 persen dibanding Maret 2024.

Sementara, total penjualan dari dealer ke konsumen (penjualan ritel) yang dicetak Mazda melalui PT EMI, sebanyak 857 unit. Jumlah tersebut anjlok 21,7 persen dibanding total penjualan ritel yang berhasil dicetaknya selama tiga bulan pertama 2024.

Mazda CX-3 varian 1.5 liter Sport – dok.Istimewa

Pada bulan Maret saja, jumlah angka penjualan ritel yang dikemas Mazda Indonesia sebanyak 313 unit. Total penjualan ritel tersebut njlok 34,9 persen dibanding jumlah angka penjualan ritel yang berhasil dikoleksiny pada bulan yang sama di tahun 2024.

Sekadar informasi, sepanjang Januari – Maret 2025, total jumlah wholesales mobil di Tanah Air sebanyak 205.160 unit. Jumlah ini melorot 4,7 persen dibanding jumlah wholesales selama periode sama di tahun lalu yang masih sebanyak 215.250 unit.

Adapun total penjualan ritel mobil di periode itu sebanyak 210.483 unit. Jumlah tersebut anjlok 8,9 persen dibanding total penjualan ritel selama kuartal pertama 2024, yang sebanyak 230.776 unit. (Anp/Aa)

 

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id