Berlin Mobilitas – Jerman merupakan salah pasar mobil terbesar di Eropa – dengan kekuatan ekonomi nomor satu di Eropa dan keempat di dunia – memiliki dinamika yang tinggi. Sepanjang Januari hingga Juni atau semester pertama tahun ini saja, total penjualan mobil di negeri berjuluk De Panzer ini mencapai 1.390.889 unit.
Data yang dihimpun otoritas transportasi darat federal Jerman – Kraftfahrt Bundesamt (KBA) – mencatat, jumlah penjualan itu naik 14,9% dibanding periode sama tahun 2020.
“Stabilnya perekonomian dan tingginya tingkat mobilitas masyarakat berkorelasi positif terhadap permintaan kendaraan. Dan di paruh pertama tahun ini melanjutkan tren yang terjadi sebelumnya, dimana kendaraan ramah lingkungan mencatatkan permintaan yang meningkat,” bunyi keterangan KBA seperti dilaporkan laman Best Selling Cars dan Euronews, Rabu (4/8/2021).
Ada 10 merek mobil – dari total 73 merek yang bertarung di pasar Jerman – tercatat sebagai merek terlaris di periode enam bulan pertama itu. Volkswagen masih berada di urutan pertama dengan total penjualan 276.486 unit.
Kedua, Bayerische Motoren Werke (BMW) yang sekaligus mengukir sejarah baru karena berhasil menggusur posisi Mercedes-Benz (Mercy).Tahun ini BMW mengantongi angka penjualan 118.388 unit, dan Mercy 116.646 unit.
Satu catatan menarik dari daftar penjualan – khususnya di 10 merek terlaris – ini adalah, bercokolnya Hyundai di daftar tersebut. Merek asal Korea Selatan ini nangkring di posisi kesepuluh setelah berhasil menjual unit sebanyak 49.205 unit.
Dia menjadi satu-satunya merek asal Asia yang masuk di daftar 10 besar. Sedangkan Toyota, Mitsubishi, Suzuki, dan Suzuki masing-masing mendiami di urutan 12, 20, 25, dan 28. (Yus/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id