Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the foxiz-core domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the molongui-authorship domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114
Kerennya Crossover Mini Toyota Aygo X, Hanya Sayang…… – Mobilitas.id
Toyota Aygo X atau Aygo Cross resmi diluncurkan - dok.Istimewa

Kerennya Crossover Mini Toyota Aygo X, Hanya Sayang……

Arif Arianto
3 Min Read

Praha, Mobilitas – Setelah beberapa bulan hanya menebar pesona untuk membangun citra, akhirnya sosok asli city car bergenre crossover Toyota – yakni Toyota Aygo X Prologue– resmi diluncurkan di Republik Ceko, Jumat (5/11/2021). Versi produksi Aygo X ternyata tak jauh berbeda (atau berubah drastis) dari versi konsepnya.

Seperti dilaporkan laman AutoExpress dan Carscoops, Jumat (5/11/2021), Aygo versi anyar ini tetap mempertahankan mesin pembakaran internal dengan bahan bakar bensin. Selain untuk menjaga harga agar tetap terjangkau, dengan mesin konvensional itu maka Aygo X tetap dapat menjadi pilihan bagi masyarakat yang jauh dari infrastruktur mobil listrik.

Interior bagian depan Toyota Aygo X – dok.Istimewa

Toyota tetap menyematkan mesin tiga silinder 1KR-FE 1.0 liter yang telah mendapatkan sentuhan penyempurnaan. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 71 bhp pada 6.000 rpm dengan torsi 93 Nm pada 4.400 rpm.

Penyaluran tenaga ke roda menggunakan dua pilihan transmisi. Pertama, transmisi manual enam tingkat percepatan. Dan kedua, transmisi otoamtis Continously Variable Transmission (CVT).

Mobil segmen A (mobil perkotaan dengan panjang 3,5 meter) ini memiliki dimensi panjang 3.700 milimeter (mm) dan tinggi 1.500 mm, serta jarak sumbu roda 2.340 mm.
Crossover mini yang yang pelafalan namanya adalah Aygo Cross (Aygo X) ini dirancang untuk mencerminkan pemikiran ulang yang dramatis pada gaya bodinya.

Tampilan belakang Toyota Aygo X – dok.Istimewa via Carscoops

Dia menggunakan platform Toyota New Global Architecture – B (TNGA – B). Seperti diketahui, platform itu juga telah digunakan oleh Toyota Yaris dan Yaris Cross.

Dan versi paling gres alias paling anyar ini merupakan Aygo pertama yang dibuat tidak dalam kerangka kongsi dengan Peugeot – Citroen. Aygo pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 sebagai bagian dari kolaborasi antara Toyota dengan PSA Group.

City car Toyota ini menjadi mobil kembar dengan Citroen C1 dan Peugeot 107. Ketiganya memiliki generasi kedua pada tahun 2014 sebagai versi yang didesain ulang secara signifikan.

Atap Toyota Aygo X yang terbuat dari kanvas bisa dibuka tutup – dok.Istimewa

Kini, Aygo X hadir dengan fitur yang khas dibuat oleh Toyota. Salah satunya adalah, atap kanvas yang dapat dilipat atau dibuka tutup sesuai kebutuhan.

Rencananya, mobil ini baru dijual di Eropa pada tahun 2022 nanti. Sayangnya, hingga kini Toyota masih memberi aba-aba bahwa mobil itu hanya untuk pasar Eropa. (Swe/Aa)

 

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article