Jakarta, Mobilitas – Sepanjang bulan Januari atau awal tahun 2022, total penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih (baik kendaraan penumpang maupun komersial) alias mobil di Indonesia tercatat meningkat dibanding bulan yang sama tahun 2021.
Pada bulan itu, total penjualan ke diler (wholesales) mencapai 84.062 unit atau naik 58,9%, dan penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 78.568 unit, melonjak 45,5%.
Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dinukil Mobilitas, Minggu (27/2/2022) menunjukkan hampir semua merek membukukan kenaikan. Meski, dalam penjualan yang riil atau sesungguhnya, yakni penjualan ke konsumen (ritel) ada tujuh merek yang penjualannya jeblos.
Menariknya, merek-merek itu bukan hanya merek-merek asal Eropa, tetapi juga merek asal Asia. Bahkan, merek asal Jepang, yang selama ini dikenal sebagai salah satu merek yang bercokol dalam 10 besar merek dengan jumlah penjualan dan merek milik pabrikan kondang dunia di segmen mobil mewah.
Ketujuh merek itu antara lain Lexus, merek mewah milik Toyota Motor Corporation iniselama Januari tahun ini di Indonesia hanya terjual 2 unit. Jumlah itu ambrol hingga 92,9% (atau yang terbesar penurunannya) dibanding penjualan selama Januari 2021 yang masih sebanyak 28 unit.
Bahkan, dibanding penjualan ritel yang diraupnya selama Desember 2021, penjualan ritel Lexus di bulan perdana tahun ini, ambrol sangat dalam. Sebab, di bulan Desember 2021 itu, merek ini masih mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 91 unit.
Selain Lexus ada Nissan, Mazda, Mercedes (gabungan mobil penumpang maupun komersial), Scania (bus dan truk), dan Volkswagen. Kemudian ada juga Dongfeng Sokon (DFSK).
Berikut data lengkap tujuh merek mobil yang penjualan ritelnya jeblos di bulan Januari 2022, dengan urutan berdasar tingkat jeblosnya penjualan paling dalam:
Lexus: 2 unit (jeblos 92,9%)
Nissan: 335 unit (jeblos 72%)
Mazda: 214 unit (jeblos 35%)
Mercedes: 224 unit (jeblos 24%)
Scania: 26 unit (jeblos 23,5%)
Volkswagen: 35 unit (jeblos 2,8%)
Dongfeng Sokon (DFSK); 219 unit (jeblos 2,7%)
Sumber: Gaikindo, 2022. (Jrr/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id