Jakarta, Mobilitas – Memberikan perlindungan untuk mobil kesayangan ketika berbagai risiko seperti kecelakaan, tertabrak, menabrak, atau karena penyebab lain dengan membeli polis asuransi, di zaman sekarang ini sangat banyak memberi manfaat. Sebab, dengan asuransi maka biaya untuk perbaikan atas kerusakkan akibat peristiwa tak terduga itu ditanggung perusahaan asuransi.
Namun, ada kalanya, seorang pemilik mobil merasa kecewa meski telah mengasuransikan mobilnya di sebuah perusahaan asuransi mobil. Bukan lantaran kondisi perusahaan atau layanan yang diberikan dalam merespon pengajuan klaim, tetapi karena hasil pengerjaan bengkel rekanan yang ternyata tak sesuai harapan meski ujungnya akan kecewa terhadap perusahaan asuransi yang bersangkutan.
“Dari beberapa keluhan yang dilontarkan pelanggan perusahaan asuransi, terdengar keluhan atas hasil pengerjaan bengkel rekanan yang ternyata tidak sesuai harapan. Bahkan, mengcewakan. Masih ada kerusakkan yang tidak sepenuhnya pulih seperti sediakala. Ada part atau komponen yang tak sesuai dengan seharusnya, dan lain-lain,” papar konsultan perencanaan keuangan, Sofia Dani, saat dihubungi Mobilitas di Jakarta, Kamis (19/5/2022).
Sofia menyarankan agar melakukan pengecekan dengan cermat bengkel-bengkel rekanan dari perusahaan asuransi yang masuk dalam daftar pilihan Anda. Dengan bengkel yang bereputasi bagus, profesional, dan bisa dipercaya ada beberapa manfaat yang kita dapat.
Pertama, memberikan perasaan nyaman dan puas. Sebab, bengkel tersebut mengerjakannya dengan sungguh-sungguh dan profesional mulai dari pengecekan hingga penggunaan komponen asli yang terjamin.
“Sehingga, ketika pengerjaan selesai kita dapat hasilnya memuaskan. Bukan karena mobil kembalai nyaman tetapi juga benar-benar aman,” ungkap Sofia.
Kedua, kita akan mendapatkan layanan dan kualitas hasil kerja yang sesuai dengan nilai perlindungan yang dijanjikan perusahaan asuransi secara maksimal. Sehingga, apa yang kita dapatkan sepadan dengan apa yang kita bayarkan melalui nilai polis asuransi mobil.
Lantas apa saja yang perlu dicermati saat mengecek bengkel rekanan dari perusahaan asuransi mobil yang akan kita pilih? Menurut Sofia ada tiga hal:
Pertama, kredibilitas dan rekam jejak bengkel yang bersangkutan. Caranya, perhatian apakah ada keluhan dari konsumen mereka selama ini, lihat profil bengkel, dan kunjungi secara langsung tempat bengkel tersebut.
Lihatlah seperti apa fasilitas kerja dan peralatan yang mereka miliki. Bagaimana mekanisme kerja dan teknisi bekerja.
Kedua, cek seberapa banyak bengkel itu mendapatkan order pengerjaan dari klaim nasabah perusahaan asuransi selama ini. Lalu, tanyakan berapa banyak perusahaan asuransi yang menjadi mitra dari bengkel tersebut.
Ketiga, perhatikan bagaimana layanan customer service bengkel. Perhatikan bagaimana petugas bagian ini dalam memperlakukan pelanggan. (Swe/Aa)