Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the foxiz-core domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the molongui-authorship domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114
Dijual di Indonesia, Begini Penjualan Daihatsu Taft Reborn di Jepang – Mobilitas.id
Daihatsu Taft Reborn di Jepang - dok.Istimewa

Dijual di Indonesia, Begini Penjualan Daihatsu Taft Reborn di Jepang

Arif Arianto
3 Min Read

Jakarta, Mobilitas – Mobil mungil (kei car) Daihatsu Taft yang mulai dijual di Jepang pada Juni 2020 lalu, kini dikabarkan akan dijajakan di Indonesia. Kabar ini muncul setelah informasi yang menyebut importir umum kendaraan bermotor, Safari Motor, membuka pemesanan.

Di kampung halamannya itu, mobil yang di awal kelahirannya (yaitu tahun 1974) bernama Tall Almighty Four-wheel Touring vehicle (TAFT) dan sekarang berubah menjadi Tall Almighty Fun Tool (TAFT) tersebut dibanderol hingga 1.732.500 yen. Harga itu setara dengan 198,73 juta (kurs 1 yen = Rp 114,71).

SUV mungil yang berplatform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) itu dibekali mesin 660 cc tiga silinder naturally aspirated. Tetapi, tipe tertinggi sudah diimbuhi turbo charger.

Interior bagian depan Daihatsu Taft Reborn – dok.Istimewa

Daihatsu mengklaim mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 52 PS dengan torsi 60 Nm. Bahkan, tipe yang diimbuhi turbo sanggup menghasilkan tenaga hingga 64 PS dengan torsi 100 Nm.

Kedua tipe dilengkapi transmisi otomatis CVT dengan sistem penggerak roda dua roda depan atau empat roda. Meski, di saat awal – yaitu tahun 1974 atau versi sebelum Taft Reborn – sistem penggerak rodanya 4×4.

Di Jepang Daihatsu Taft termasuk salah satu kei car yang cukup laris. Meski di empat bulan pertama tahun 2022 ini penjualannya merosot.

Daihtasu Taft reborn dengan sentuhan modifikasi ringan di Jepang – dok.Istimewa

Data di Asosiasi Dealer Mobil Jepang (JADA) dan Asosiasi Pabrikan Mobil Jepang (JAMA) yang dikutip Mobilitas, Selasa (24/5/2022), menunjukkan total penjualan Daihatsu Taft di kampung halamannya itu (Januari – April) sebanyak 21.630 unit. Jumlah ini menyusut 4,4 persen dibanding penjualan yang dibukukan selama periode sama tahun lalu.

Penjualan di 2021
Sepanjang 2021, Daihatsu tercatat sebagai pabrikan dengan penjualan kei car (baik penumpang maupun komersial) terbanyak di Jepang. Meski secara total penjualan ambles dibanding tahun sebelumnya. Selama tahun itu merek ini hanya menjual kei cars sebanyak 532.702 unit, sementara di tahun 2020 sebanyak 536.292 unit.

Dari total penjualan tersebut, kei car penumpang yang berhasil dilego Daihatsu mencapai 380.578 unit di tahun 2021. Jumlah ini juga ambles jika dibanding tahun 2020 yang mencapai 394.893 unit.

ILustrasi, Daihatsu TAFT versi baru – dok.Istimewa

Adapun Daihatsu Taft bertenggger di urutan kesembilan di daftar 10 kei car terlaris selama tahun 2021. Dia berhasil membukukan penjualan sebanyak 62.278 unit. Jumlah itu melonjak dibanding angka penjualan yang berhasil dicatatkannya sepanjang tahun 2020 yang sebanyak 42.942 unit. (Jrr/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article