Jakarta, Mobilitas – Pabrikan mobil asal Prancis, Peugeot, Selasa (31/5/2022) merilis sebuah teaser model baru dari Peugeot 408, yang sekaligus memberinya keterangan bahwa model itu bakal diluncurkan pada 22 Juni nanti. Model anyar itu bukan station wagon atau sedan, tetapi crossover.
Pernyataan resmi Peugeot yang dilansir Autocar dan Carscoops, Rabu (1/6/2022) menyebut crossover anyar itu diposisikan di antara hatchback Peugeot 308 dengan crossover Peugeot 3008. “Dia menggabungkan antara karakteristik SUV dengan siluet fastback yang dinamis,” bunyi keterangan itu.
Pabrikan yang didirikan Armand Peugeot pada tahun 1896 itu membagikan teaser mobil itu berupa gambar bagian depannya. Gambar itu menunjukkan grill mobil tersebut dengan bilah yang berposisi vertikal dengan saputan warna biru (sewarna dengan bodi) dan horizontal (berlapis warna hitam).
“Dalam hal desain dan rekayasa, pencarian efisiensi tinggi dan keinginan untuk menawarkan pengalaman baru merupakan inti dari pengembangan Peugeot 408 baru,” terang Peugeot.
Peugeot juga memastikan model baru itu berbagi platform dengan 308 dan 3008. Artinya, dia juga bakal memiliki varian sumber tenaga plug-in hybrid, diesel 1.5 liter, dan mesin bensin 1.2 liter.
Peluang Indonesia
Sebagai produk global, sangat mungkin crossover Peugeot 408 itu juga dijual di Indonesia. Terlebih, kini penjualan mobil Peugeot yang dijajakan oleh PT Astra Peugeot di Tanah Air, kinerjanya terus membaik.
Data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Rabu (1/6/2022) menunjukkan, tahun 2021 lalu Peugeot Indonesia membukukan penjualan sebanyak 265 unit. Jumlah ini meningkat 54 persen dibanding tahun 2020.
Pada tahun 2022 ini – di rentang Januari hingga April – Peugeot Indonesia juga mencatatkan apiknya kinerja penjualan ke dealer (wholesales). Model Peugeot 3008 terjual sebanyak 87 unit (naik 67,3 persen dibanding Januari – April 2021).
Lalu, Peugeot 5008 terjual 80 unit atau naik 207,7 persen dibanding periode sama tahun 2021. Kemudian, Peugeot 2008 terjual 26 unit, namun angka ini belum ada perbandingan, karena mobil tersebut baru diluncurkan. (Din/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id