Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the foxiz-core domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the molongui-authorship domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114
Sampai Kini, di Jerman Hyundai Lebih Laku Ketimbang Toyota – Mobilitas.id
Toyota RAV4 Hybrid - dok.CNET

Sampai Kini, di Jerman Hyundai Lebih Laku Ketimbang Toyota

Arif Arianto
3 Min Read

Munich, Mobilitas – Sampai saat ini, Jerman – seperti terlihat di data United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) – merupakan pasar mobil terbesar kelima di dunia, setelah Cina, Amerika Serikat, Jepang, dan India. Meski, selama Januari hingga Mei tahun 2022 ini penjualan mobil di negara itu ambles.

Data di Kraftfahrt-Bundesamt (Otoritas Transportasi Federal Jerman) atau KBA yang dikutip Mobilitas, Selasa (14/6/2022) menunjukkan selama lima bulan pertama tahun ini, total penjualan mobil di Negeri Panzer itu sebanyak 1.013.417 unit. Jumlah ini ambles 9,2 persen dibanding periode sama tahun 2021.

Sepanjang bulan Mei saja total penjualan yang dikoleksi industri mobil di negara itu tercatat sebanyak 207.199 unit. Jumlah ini merosot 10,2 persen dibanding jumlah penjualan yang berhasil diraup selama bulan yang sama tahun 2021.

“Terganggunya pasok semikonduktor (chip) menjadi kendala tersendiri di jalur produksi, sehingga penjualan unit juga mengalami tekanan,” bunyi keterangan KBA.

VW T-Cross model terkini – dok.CarExpert

Menariknya, penjualan mobil di negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di Eropa ini dikuasai oleh 10 pabrikan. Dari 10 pabrikan itu delapan di antaranya berasal dari Eropa yaitu tujuh dari Jerman dan satu dari Italia (Fiat).

Sedangkan dua lainnya berasal dari Asia, yakni Hyundai Motors Company (dari Korea Selatan) dan Toyota Motor Corporation (dari Jepang). Namun, seperti bulan-bulan sebelumnya sejak awal tahun ini, Toyota masih tertinggal jauh oleh Hyundai.

Data KBA memperlihatkan selama lima bulan pertama itu, Hyundai berhasil mengoleksi angka penjualan sebanyak 39.258 unit dengan pangsa pasar 3,9 persen dan bercokol di urutan kedelapan di daftar 10 besar. Sementara Toyota berdiam di urutan ke-10 dengan penjualan sebanyak 30.961 unit (pangsa pasar 3,08 persen).

Hyundai Kona listrik – dok.Istimewa

Berikut 10 pabrikan penguasa pasar mobil di Jerman, berdasar penjualan:
Volkswagen: 180.680 unit (pangsa pasar 17,8 persen)
Mercedes-Benz: 92.081 unit (9,1 persen)
BMW: 83.930 unit (8,3 persen)
Audi: 83.609 unit (83 persen)
Opel: 57.298 unit (5,7 persen)
Skoda: 56.898 unit (5,6 persen)
Ford: 52.190 unit (5,1 persen)
Hyundai: 39.258 unit (3,9 persen)
Fiat (31.193 unit (3,1 persen)
Toyota: 30.961 unit (3,08 persen).
Sumber: KBA, 2022. (Din/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article