Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the foxiz-core domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the molongui-authorship domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114
Ini Mobil Lokal yang Terbanyak Dikomplain di Cina, Chery Nomor Dua – Mobilitas.id
Ilustrasi, mobil - dok.Mobilitas

Ini Mobil Lokal yang Terbanyak Dikomplain di Cina, Chery Nomor Dua

Arif Arianto
2 Min Read

Beijing, Mobilitas – Keluhan pembeli mobil di Cina, tahun ini meningkat dibanding tahun lalu.

Hasil riset yang JD Power yang dikutip Mobilitas, Jumat (2/9/2022) menunjukkan jumlah keluhan atau komplain dari pemilik mobil baru yang dilayangkan tahun ini sebanyak 213 per 100 mobil. “Jumlah ini meningkat 2,8 kali dibanding jumlah keluahan yang dilayangkan pemilik selama tahun 2021,” bunyi pernyataan lembaga tersebut.

Riset ini didasarkan tanggapan dari 3.914 pemilik mobil baru yang dibeli pada Juni 2021 dan Maret 2022. Mobil baru yang dibeli konsumen itu terdiri dari 247 model dari 56 merek yang tersebar di 70 kota di seantero Republik Rakyat Cina.

Keluhan terbanyak yang disampaikan pemilik terkait dengan desain yang buruk. Secara rinci keluhan soal desain itu meliputi desain eksterior, bau yang tidak sedap di kabin, hingga suara bising di bagian dalam atau kabin mobil.

Ilustrasi, SUV Chery Auto – dok.Mobilitas

Jumlah keluhan terkait dengan desain ini mencapai 143 komplain dari 100 kendaraan. Jumlah ini meningkat 4,2 kali dibanding jumlah komplain atas persoalan yang sama di tahun 2021.

Di kalangan pabrikan lokal Cina, Changan berada di peringkat teratas yang terbanyak dikomplain, yaitu 219 komplain per 100 kendaraan. Kemudian Chery Auto, terbanyak kedua dengan 215 komplain, serta GAC Trumpchi dengan 215 komplain. (Jrr/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article