Tokyo, Mobilitas – Meski didominasi pabrikan lokal, penjualan mobil di Jepang juga dibukukan merek asing.
Data penjualan Asosiasi Diler Mobil Jepang (JADA) dan Asosiasi Pabrikan Mobil Jepang (JAMA) yang dinukil Mobilitas, Sabtu (10/9/2022) menunjukkan, sepanjang Januari – Agustus tahun ini total penjualan mobil (dari 56 pabrikan dan 86 model) di Jepang 2.725.555 unit. Jumlah ini merosot 13,8% dibanding periode sama di tahun lalu.
Total penjualan itu bukan hanya berasal dari penjualan pabrikan dalam negeri. Melainkan juga dari sejumlah pabrikan asing.
Mercedes-Benz masih menjadi merek asing terlaris di Negeri Sakura itu. Pabrikan asal Jerman ini meraup angka penjualan sebanyak 30.922 unit.
Selain dari Eropa, pabrikan asing yang berjualan di Jepang juga berasal dari Amerika Serikat dan Asia, yakni Jeep dari Amerika Serikat dan Hyundai (Korea Selatan), serta Morris Garage (MG) dari Cina.
Jeep mengoleksi angka penjualan sebanyak 6.804 unit, Hyundai 224 unit, dan MG hanya 8 unit. Namun, penjualan MG ini melonjak 60% dibanding tahun lalu.
Sementara, dari 21 merek asing yang ada di Jepang, 10 merek tercatat sebagai yang terlaris selama Januari – Agustus 2022. Mereka adalah:
Mercedes-Benz: 30.922 unit
Volkswagen: 19.464 unit
BMW 18.521 unit
Audi: 13.120 unit
MINI: 11.903 unit
Volvo 10.304 unit
Jeep: 6.804 unit
Renault: 5.618 unit
Peugeot: 5.340 unit
Porsche: 4.779 unit.
Sumber: JADA, JAMA, 2022. (Din/Aa)