Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the foxiz-core domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the molongui-authorship domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114
Mazda CX-30 Versi Anyar Lebih Bertenaga, Tapi Irit BBM – Mobilitas.id
Ilustrasi, Mazda CX-30 versi terbaru - dok.Istimewa

Mazda CX-30 Versi Anyar Lebih Bertenaga, Tapi Irit BBM

Arif Arianto
2 Min Read

Jakarta, Mobilitas – Mazda Motor meng-upgrade teknologi silinder sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit tetapi tenaga bertambah.

Seperti dilaporkan laman Carscoops, belum lama ini, Mazda Motor di Amerika Utara mengatakan mesin bensin 2.5 liter naturally aspirated yang diusung Mazda CX-30 anyar itu menyemburkan tenaga 191 hp dengan torsi 252 Nm. “Itu berarti terjadi peningkatan semburan tenaga hingga 5 hp dibanding model versi sebelumnya,” klaim Mazda.

Sementara, teknologi deaktivasi silinder menjadikan konsumsi bahan bakar mobil lebih irit. Hasil pengujian di berbagai lintasan yang dirilis Mazda menyebut konsumsi BBM-nya 1 liter: 10,3 – 11 kilometer.

Mazda juga menawarkan pilihan varian berperforma lebih tinggi yaitu Mazda CX-30 Turbo Premium dan Turbo Premium Plus. Keduanya mengusung mesin 2,5 liter yang diimbuhi turbocharged.

Varian pertama menghasilkan bertenaga 227 hp dengan torsi 420 Nm dengan menggunakan bahan bakar beroktan 87. Sedangkan varian kedua bertenaga 250 hp dengan torsi 433 Nm dengan menggunakan bahan bakar beroktan lebih tinggi.

Tampilan bagian belakang Mazda CX-30 versi terbaru – dok.Istimewa

Kehadiran versi paling gres alias versi paling baru ini bakal menjadi “asupan energi baru” untuk menggenjot penjualan termasuk di Asia Tenggara. Di wilayah ini – khususnya di dua pasar terbesar yakni Thailand dan Indonesia – penjualan Mazda masih naik turun.

Data internal Mazda Motor Thailand yang dikutip Mobilitas, Jumat (21/10/2022) menunjukkan di Januari – September tahun ini penjualan mobil Mazda di negara itu mencapai 27.995 unit. Meningkat 8% dibanding periode sama di 2021.

Sedangkan di Indonesia, data Gaikindo yang dinukil Mobilitas, Jumat (21/10/2022) memperlihatkan selama Januari – Agustus, penjualan Mazda Indonesia ke konsumen (ritel) sebanyak 2.153 unit. Jumlah ini anjlok 11,9% dibanding sembilan pertama 2021. (Swe/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article