Jakarta, Mobilitas – Padahal, selama Januari hingga September tahun ini, penjualan mobil ke konsumen meningkat.
Data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Senin (24/10/2022) menunjukkan, selama periode itu total penjualan mobil (kendaraan bermotor roda empat atau lebih) ke konsumen (ritel) mencapai 732.465 unit. Jumlah ini meningkat 22% dibanding penjualan ritel selama periode sama di tahun lalu, yang mencapai 600.334 unit.
Sepanjang bulan September saja, total penjualan ritel mobil di Tanah Air tercatat sebanyak 95.442 unit. Jumlah ini meningkat 4,69% dibanding jumlah yang dibukukan seluruh merek selama bulan sebelumnya (Agustus), yang sebanyak 91.164 unit.
Namun, ternyata, tak semua merek atau pabrikan membukukan mencorongnya penjualan. Setidaknya, ada tujuh merek atau pabrikan yang mencatatkan amblesnya penjualan ritel mobil penumpang (dibanding tahun lalu) di tengah moncernya kinerja pasar.
Mereka adalah:
Suzuki: dari 63.804 unit menjadi 63.549 unit (ambles 0,4%)
Nissan: dari 5.317 unit menjadi 3.033 unit (ambles 43%)
Mazda: dari 2.830 unit menjadi 2.495 unit (ambles 11,8%)
Kia: dari 2.232 unit menjadi 1.334 unit (ambles 39,8%)
DFSK: dari 2.199 unit menjadi 1.850 unit (ambles 15,9%)
Morris Garage: dari 804 unit menjadi 752 unit (ambles 6,5%)
Renault: dari 46 unit menjadi nihil alias kosong (ambles 100%)
Sumber: Gaikindo, 2022. (Swe/Aa)