Bisnis

Penjualan Ritel Mazda di Indonesia Masih Merosot

×

Penjualan Ritel Mazda di Indonesia Masih Merosot

Share this article
Mazda CX-5 di GIIAS 2022 - dok.Mobilitas

Jakarta, Mobilitas – Mazda Indonesia mengklaim kebanjiran pesanan saat di perhelatan GIIAS 2022 lalu.

Dalam keterangan resmi yang dirilis, Jumat (26/8/2022) Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia atau Mazda Indonesia, Ricky Thio, mengaku pihaknya menerima 852 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) di pameran itu. “Dari jumlah itu 210 unit merupakan Mazda CX-5 Kuro Edition,” kata dia.

Kemudian, Mazda CX-5 Elite 118 unit, Mazda New CX-8 Elite 115 unit, dan New Mazda 2 sedan 110 unit. Sedangkan 82 unit lainnya, adalah Mazda CX-3 Sport.

Ternyata total pesanan tersebut belum sanggup mengangkat jumlah penjualan kumulatif dari Januari hingga Agustus. Data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Rabu (30/11/2022) menunjukkan, selama delapan bulan pertama itu, total penjualan ritel Mazda sebanyak 2.153 unit, merpsot 11,9% dibanding periode sama di 2021.

Mazda CX-30 yang diusung Mazda Indonesia ke GIIAS 2022 – dok.Mobilitas

Sedangkan penjualannya ke diler (wholesales) pada saat yang sama, 2.264 unit. Jumlah ini mernyusut 7,0% dibanding delapan bulan pertama di 2021.

Dua bulan kemudian atau hingga akhir Oktober kemarin, ternyata total penjualan ritel masih merosot. Data Gaikindo memperlihatkan, total angka penjualan ritel yang berhasil diraup selama Januari – Oktober sebanyak 2.913 unit, alias merosot 5,0% dibanding periode sama di tahun lalu.

Namun, angka wholesales yang dibukukan membaik. Di sepuluh bulan pertama tahun ini, jumlah mencapai 3.066 unit atau naik 2,5% dibanding Januari – Oktober 2021. (Din/Aa)