Akio Toyoda World Car Person of the Year 2021

0
858
Akio Toyoda - dok.Istimewa via Motor Illustrated

Toronto, Mobilitas – President dan Chief Executive Officer (CEO) Toyota Motor Corportaion (Toyota) Akio Toyoda dinobatkan sebagai World Car Person of the Year 2021. Gelar tersebut diberikan oleh panel Juri World Car Awards (WCA) yang terdiri dari 93 jurnalis otomotif dari 28 negara.

Seperti dilansir situs resmi WCA, Rabu (21/4/2021), para juri memberikan nilai lebih atas kepemimpinan, dedikasi, serta pengaruh Toyoda tidak hanya di sektor industri otomotif, tetapi juga bagi sosial ekonomi dunia. Pria kelahiran Nagoya 3 Mei 1956 itu disebut telah berhasil membawa Toyota tetap menjadi pabrikan yang menguntungkan meski di tengah terpaan pandemi Covid-19.

Dengan keberhasilan Toyota itu pula, maka para pekerja Toyota dan industri yang terkait dengan Toyota di berbagai belahan dunia tetap terlindungi. Toyoda juga dinilai memiliki komitmen serta dedikasi yang luar biasa kepada perusahaannya, karena menghabiskan waktunya bertahun-tahun demi kemajuan.

Salah satu hobi Akio Toyoda adalah balapan mobil – dok.Autocar

Cucu pendiri Toyota tersebut juga berhasil membawa perusahaannya dalam meniti di tengah riak perubahan kondisi sosial dan budaya masyarakat dunia, termasuk perubahan di industri otomotif. Dia dinilai berhasil mempertahankan laju perkembangan Toyota yang stabil kendati zaman telah memasuki era kendaraan berteknologi connected, otonom, elektrifikasi bahkan budaya masyarakat dalam bermobilitas melalui ride sharing.

Prestasi Toyoda lainnya yang juga menjadi catatan penting para dewan juri adalah keberhasilannya memulai pembangunan Woven City. Proyek itu merupakan pembangunan sebuah kota prototipe kehidupan nyata yang menarik di masa depan.

Akio Toyoda – dok.Istimewa via Formularapida.net

“Atas nama 360.000 anggota tim Toyota di seluruh dunia, terima kasih atas kehormatan yang luar biasa ini! Namun, jika Anda tidak keberatan, saya ingin mengubah penghargaan ini dari car person tahun ini, menjadi person tahun ini … karena upaya kolektif dari semua karyawan, pengecer, dan pemasok global yang kami memilikilah, yang benar-benar membuat Toyota seperti sekarang ini! Dan saya sendiri, tidak mungkin lebih beruntung… atau CEO yang lebih bersyukur. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kontribusi seluruh industri otomotif,” papar Toyoda. (Arf)