All New Benelli Tornado 302R Rangsek Dunia, Ini Istimewanya

0
284
All New Benelli Tornado 302R - dok.Cycle World

Hangzhou, Mobilitas – Pabrikan motor asal Italia yang kini dimiliki Qianjiang Group – anak perusahaan Geely Holding Company – Benelli, telah memasarkan versi terbaru motor sport fullfairing Benelli Tornado 302R. Harganya 29.800 yuan atau sekitar Rp 65,47 juta (kurs 1 yuan = Rp 2.197).

Seperti dilaporkan laman Cycle World dan China Moto News, belum lama ini, Benelli melakukan serangkaian ubahan baik tampilan, fitur, hingga penyempurnaan di sektor mesin. Penyempurnaan pada mesin dilakukan selain untuk memaksimalkan semburan tenaga dan torsi juga demi memenuhi standar Euro 5, maklum motor ini juga membidik konsumen di benua Eropa maupun Amerika.

Mesin dua silinder parallel twin 302 cc yang diusung All New Benelli Tornado 302R meletupkan tenaga hingga 34 hp dengan torsi 27 Nm yang disalurkan ke roda  menggunakan girboks enam tingkat percepatan. Benelli mengklaim kemampuan akselerasi motor meningkat, kendati tak menyertakan fakta data secara rinci.

All New Benelli Tornado 302R – dok.Istimewa

Tetapi yang pasti, pabrikan yang berdiri sekak tahun 1911 di Pesaro, Italia, itu memangkas bobot Tornado 302R hingga 22 kilogram sehingga menjadi 182 kilogram. Selain membuat tampilan terkesan lebih agresif, motor ini diklaim semakin lincah dikendarai.

Ubahan lainnya terlihat dari peranti suspensi yang kini (untuk roda depan) menggunakan garpu upside down 41mm yang dapat disesuaikan dan monoshock yang bisa disetel di belakang. Perangkat pengeremanya menggunakan rem cakram kaliper empat piston ganda di roda depan.

Tampilan panel instrumen full digital TFT All New Benelli Tornado 302R – dok.Istimewa

Benelli juga mengganti panel instrumen di model lawas yang berteknologi analog-digital digusur dan diganti dengan panel TFT berwarna. Pabrikan juga memberinya sistem pencahayaan LED untuk semua lampu, mulai dari lampu utama, lampu belakang hingga lampu sein. (Swe/Aa)