All New Honda Civic Type R Meluncur, Versi Lawas di RI Cuma Laku 1 Unit

0
1191
All New Honda Civic Type R - dok.Honda

Jakarta, Mobilitas – Honda Motor Company (Honda) memperkenalkan generasi terbarau Honda Civic Type R melalui peluncuran perdana di Jepang, Kamis (21/7/2022) kemarin. Meszki untuk proses penjualan baru mulai dilakukan pada September nanti.

Dalam keterangan resmi yang dilansir laman Hondanews, Kamis (21/7/2022), pabrikan itu mengatakan All New Honda Civic Type R mengusung konsep pengembangan Ultimate Sport. Sehingga, model anyar ini lebih mengedepankan performa berkendara dengan kecepatan tertinggi saat dikendarai.

Mobil yang berbasis Honda Civic Hatchback generasi terbaru itu mendapatkan pengembangan mulai dari sasis yang dibuat lebih rendah serta lebih lebar untuk mendapatkan peningkatan performa berkendara. “Jarak pandang ke depan dibuat lebih lebar, sehingga memberikan visibilitas yang lebih baik bagi pengemudi,” klaim Honda.

Di bagian interior, Honda menyuguhkan jok berbahan suede leather dengan karpet lantai berwarna merah yang mencuat aura sport. Sedangkan instrumen panel menggunakan warna hitam, dan setir dibalut lembaran kulit alcantara.

Jok depan sengaja dibuat polihedral tiga dimensi agar mampu menopang tubuh dengan kuat sehingga pengemudi dan penumpang depan merasa aman, bahkan saat menggeber mobil di sirkuit balap dengan kecepatan penuh. Sedangkan untuk desain meter cluster, selain menampilkan tampilan standar, kini terdapat juga tampilan desain eksklusif pada mode +R.

Interior bagian depan All New Honda Civic Type R – dok.Honda

“Fitur ini memungkinkan pengemudi mendapatkan informasi yang diperlukan seperti rpm mesin, indikator putaran, dan indikator posisi gigi. Dengan indikator putaran yang menyala, pengemudi dapat memperoleh informasi secara intuitif tanpa memperhatikan indikator secara bersamaan,” jelas Honda.

All New Honda Civic Type R dibekali mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang disempurnakan. Sehingga, mampu membawa mobil mencapai tingkat responsifitas yang lebih baik dengan performa yang lebih bagus.

Honda Civic Type R merupakan produk global yang dijual di berbagai negara termasuk Indonesia. Meski di Tanah Air penjualan mobil itu kurang memuaskan.

Data penjualan mobil ke konsumen (ritel) di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Jumat (22/7/2022) menunjukkan, sepanjang Januari hingga Juni 2022 ini, New Honda Civic Type R hanya terjual sebanyak 1 unit saja.

Padahal, di rentang waktu itu, total penjualan mobil Honda yang dijajakan PT Honda Prospect Motor mencapai 53.910 unit. Jumlah ini meningkat 9% dibanding total penjualan ritel selama periode sama tahun lalu. (Jrr/Aa)