All New Lexus RX Meluncur, Versi Lama Terjual Segini di RI

0
1061
All New Lexus RX - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Merek mewah milik Toyota – Lexus – awal bulan Juni telah meluncurkan model terbaru dari crossover Lexus RX, dengan label All New Lexus RX. Tak hanya bagian eksterior saja yang mengalami ubahan, tetapi juga teknologi yang dipakai.

Keterangan resmi Lexus yang dirilis belum lama ini menyebut peningkatan teknologi di Lexus RX generasi kelima itu salah satunya peningkatan pada Lexus Driving Signature. Melalui teknologi itu, pengemudi bisa berkomunikasi dengan mobil.

Menariknya, seperti di Lexus RZ, All New Lexus RX ini menggunakan sistem penggerak semua roda DIRECT4. Pada varian RX500h F SPORT Performance, kontrol penggerak empat roda ini bekerja bersama dengan sistem listrik hybrid.

“Dengan teknologi ini dapat merasakan pengalaman berkendara yang menyenangkan, langsung, dan penuh torsi,” sebut Lexus.

Interior bagian depan All New Lexus RX – dok.Istimewa

Ubahan pada bagian eksterior ditandai dengan penggunaan spindle body yang dinamis namun agresif. Dengan bahasa desain ini pula, lampu utama bersinergi dengan grill spindle berukuran besar yang lebih futuristis.

Sedangkan di bagian interior, dengan berdasar konsep Tazuna, mengakomodir kemudahan manusia dengan menyuguhkan komponen yang mudah dioperasikan. Tombol pengaturan di lingkar kemudi, pemasangan head-up display, serta layar head unit 14 inci yang menampilkan sistem navigasi berikut sistem hiburan.

Panoramic sunroof dan ambience light di kabin, menjadikan pengguna mobil terasa betah dan sangat nyaman di kabin. Lexus juga melengkapi generasi anyar RX ini dengan sejumlah fitur keamanan berkendara.

Tampilan bagian samping All New Lexus RX – dok.Istimewa

Lexus Safety System+ 3.0 adalah salah satunya. Sistem ini terdiri dari sejumlah fitur keselamatan seperti Pre-Collision System, Intersection Support, Dynamic Cruise Control, Lane Departure Alert, dan Emergency Driving Stop System. Selain itu ada fitur Advance Park sebagai bantuan untuk parkir di berbagai kondisi.

Ada empat varian model RX versi paling anyar alias paling gres itu. Mereka adalah Lexus RX 350, RX350h yang merupakan hybrid penuh, dan RX 450h+ yang merupakan plug-in hybrid, serta RX 500h F Sport yang merupakan model hybrid penuh dengan performa tinggi plus berpenampilan lebih sporty.

Tampilan bagian belakang All New Lexus RX – dok.Istimewa

Penjualan selama ini
Lexus RX merupakan merupakan salah satu mobil Lexus terlaris di dunia. Sejak diluncurkan pada tahun 1998 hingga akhir April 2022 ini, mobil itu diklaim telah laku 3,5 juta unit yang dijajakan di 95 negara dan wilayah.

Mobil ini juga dijual di Indonesia, dan memberi kontribusi yang sangat signifikan bagi merek tersebut. Data di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dikutip Mobilitas, Senin (6/6/2022) menunjukkan, sepanjang tahun 2019 lalu Lexus RX memberi sumbangan sekitar 60 persen dari total penjualan ritel (ke konsumen) merek ini yang sebanyak 1.354 unit.

Lexus RX yang juga dijajakan di Indonesia – dok.Lexus Indonesia

Kontribusi yang kurang lebih sama juga dicatatkan pada tahun 2020 dan tahun 2021. Pada tahun 2020, selama Januari hingga Oktober, Lexus di Indonesia mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 780 unit. Tahun 2021, pada rentang waktu yang sama, total penjualan ritel yang diraupnya sebanyak 794 unit.

Adapun di tahun 2022 ini, selama Januari hingga April, total penjualan Lexus RX ke dealer (wholesales) tercatat sebanyak 212 unit. Jumlah ini meningkat 49,3 persen dibanding empat bulan pertama tahun 2021. (Fan/Aa)