All New Voxy Hadir di RI, Selama Januari Model Lama Masih Laku Segini

0
1414
Tampilan depan All New Voxy varian hybrid - dok.Istimewa via WapCar

Jakarta, Mobilitas – Setelah 13 Januari lalu meluncurkannya di pasar domestik Jepang, hari ini, Kamis (17/2/2022), melalui PT Toyota Astra Motor (TAM), Toyota meluncurkan versi terbaru MPV High Toyota Voxy alias All New Voxy di Indonesia. Versi paling anyar alias paling gres ini disajikan dengan menggunakan platform anyar yakni Toyota New Global Architecture (TNGA-C).

Di Jepang, versi terbaru yang menggunakan kode bodi R90 itu disajikan dalam dua varian berdasar kapasitas atau jumlah penumpang yakni tujuh dan delapan penumpang. Sementara, sumber tenaga yang disediakan ada dua pilihan, yakni mesin bensin 2,0 liter berkode M20A-FKS, dan sumber tenaga berteknologi hybrid yang memadukan mesin bensin 1.8 liter dengan sebuah motor listrik.

MPV yang di data internal TAM disebut sebagai MPV High ini memiliki dimensi panjang 4.695 milimeter (mm), lebar 4.695 mm, dan tinggi 1.895–1.925 mm tergantung varian model, dengan wheelbase 2.850 mm. Kabin menggunakan lantai bawah lebih praktis yang dilengkapi kotak penyimpanan berkapasitas hingga 104 liter.

All New Voxy – dok.Istimewa

Toyota Voxy yang selama ini dijajakan di Indonesia (atau model sebelum All New Voxy datang) diluncurkan di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 pada Kamis 10 Agustus 2017. Saat itu hanya ada satu pilihan varian model yang disuguhkan, yakni varian bermesin 2.0L dengan Continously Variable Transmission (CVT) yang dibanderol (saat itu) Rp 446 juta on the road Jakarta.

Menariknya, meski kehadiran model terbaru – yakni All New Voxy pada Februari tahun ini – sudah sejak beberapa bulan lalu tersebar di Tanah Air melalui berbagai saluran informasi, namun penjualan versi yang ada masih terjadi hingga awal tahun atau Januari 2022 kemarin. Bahkan secara bulanan penjualan ke konsumen (ritel) masih relatif stabil, meski ada sedikit penurunan.

Akses orang dan barang di Toyota All New Voxy – dok.Istimewa

Masih memimpin pasar
Data yang di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dinukil Mobilitas, Rabu (16/2/2022) menunjukkan, di bulan Januari tahun 2022 total penjualan ritel yang dibukukan Toyota Voxy masih sebanyak 60 unit. Jumlah ini menciut 2 unit dibanding jumlah penjualan ritel yang dicatatkan MPV tersebut di bulan Desember 2021, yang sebanyak 62 unit.

“Pangsa pasar yang berhasil direbut Voxy di segmen MPV high itu masih yang terbesar, yaitu 64,5%. Artinya, Voxy masih jadi market leader, pemimpin pasar di segmen dan kelasnya,” ujar seorang petinggi diler utama Toyota di Jakarta, saat dihubungi Mobilitas, Rabu (16/2/2022).

Meski, dibanding penjualan ritel yang berhasil dikantongi selama bulan Januari tahun 2021, total angka penjualan ritel di Januari 2022 itu ambrol cukup dalam. Karena di bulan Januari 2021, jumlah yang berhasil dikoleksi mencapai 166 unit dengan pangsa pasar 70,3%.

Toyota Voxy 2018 – dok.Istimewa

Sedangkan penjualannya ke diler (wholesales) – atau lebih tepatnya distribusi unit ke diler – di bulan Januari 2022 tercatat cuma 10 unit. Jumlah ini anjlok sangat jauh dibanding wholesales di Desember 2021 yang masih sebanyak 115 unit.

Bahkan, terpaut jauh dengan wholesales selama bulan Januari 2021 yang mencapai 74 unit. “Ya, untuk distribusi ke diler atau wholesales itu kan, karena mungkin realitas stok di pabrik juga memang sudah terbatas, hanya sebanyak itu. Ini terjadi karena memang akan ada model barunya, kan sesuatu yang natural (alamiah) ya, kalau mau ada model yang baru stok lama kan menipis atau mendekati habis,” kata petinggi diler tersebut. (Din/Aa)