Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the foxiz-core domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the molongui-authorship domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114
Astra Honda  Buka Layanan Pengecekan Rangka eSAF, Tidak Gratis – Mobilitas.id
Ilustrasi, sepeda motor Honda - dok.AHM

Astra Honda  Buka Layanan Pengecekan Rangka eSAF, Tidak Gratis

Arif Arianto
3 Min Read

Jakarta, Mobilitas – PT Astra Honda Motor (AHM) membuka layanan pengecekan motor pelanggan yang menyampaikan keluhan terkait enhanced Smart Architecture Frame (eSAF).

Dalam keterangan resmi yang diterima Mobilitas, di Jakarta, Kamis (31/8/2023), PT AHM menyatakan pihaknya juga membuka layanan contact center 24 jam dalam penanganan setiap sepeda motor konsumen. Pengecekan motor milik pelanggan yang menyampaikan keluhan dilakukan di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Direktur Marketing AHM, Octavianus Dwi Putro, mengatakan mengacu pada hasil pertemuan terpisah antara AHM dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan dan juga Kementerian Perindustrian terkait keluhan konsumen terhadap rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame), PT AHM akan bekerjasama mengikuti arahan yang diberikan.

Untuk keamanan dan kenyamanan konsumen dalam berkendara,  lanjut Dwi, AHM akan bekerja sama melakukan penelitian bersama melalui tim gabungan Kementerian Perhubungan dan KNKT. Jika ada konsumen Honda yang masih memiliki keluhan terhadap sepeda motor Honda, AHM bersama jaringannya akan membantu untuk menanganinya

Rangka motor Honda eSAF – dok.Honda

”Kami sangat berhati-hati dalam melakukan penelusuran dan analisa dengan menyelidiki penyebab permasalahan yang dikeluhkan. Kami kooperatif membantu kementerian melakukan analisa terhadap keluhan konsumen ini. Terima kasih atas kepercayaan kepada AHM dan seluruh jaringan Honda,” papar Dwi.

Sementara, Senior Manager Corporate Communication PT AHM, Rina Listiani, yang dihubungi Mobilitas melalui Whatsapp di Jakarta, Kamis (31/8/2023) mengatakan pengecekan diperuntukkan bagi konsumen yang menyampaikan keluhan  terhadap sepeda motor. Namun, untuk pengecekan ini tidaklah gratis melainkan ada biaya yang harus dibayar oleh pemilik.

“Untuk biaya pengecekan disesuaikan dengan kebijakan AHASS di Masing-masing daerah,” ujar Rina.

Sebelumnya di berbagai platform media sosial marak unggahan yang menunjukkan berkarat, keropos, hingga patahnya rangka eSAF sejumlah model sepeda motor Honda. Namun, PT AHM dalam klarifikasi terkait temuan masalah itu oleh masyarakat, pada Rabu (23/8/2023) menyatakan belum memiliki rencana untuk menarik (recall) sepeda motor yang diklaim pemilik telah bermasalah.

“Kami belum memiliki rencana (melakukan) recall. Karena produk kami sudah melalui proses uji kualitas yang sudah teruji. Kami sedang mengecek untuk mengetahui penyebabnya case by case. Jika ada konsumen yang mengalami hal serupa tetapi belum terdata disarankan menghubungi bengkel resmi terdekat,” ungkap General Manager Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibbuddin. (Isa/Han/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article