Begini Cara Mudah Singkirkan Suara Berisik di Kabin Mobil

0
1297
Suasana kabin mobil yang minim kebisingan akan menjadikan perjalanan terasa nyaman dan menyenangkan - dok.Car and Driver

Jakarta, Mobilitas – Suara bising atau berisik kerap ditemui di mobil, terutama yang tengah melaju dalam kecepatan sedan dan tinggi. Tetapi, kebisingan bukan hanya terjadi ketika mobil dalam kondisi seperti itu, tetapi saat berjalan pelan dan suara-suara dari luar masuk ke dalam kabin.

Walhasil, perjalanan dengan mobil pun terasa tidak aman. Bahkan, bagi sebagian orang akan merasa tidak menyenangkan.

Padahal, sejatinya untuk meredam atau bahkan menghilangkan kondisi berisik seperti itu cukup mudah. Ada sejumlah langkah mudah yang disarankan oleh Auto2000, seperti berikut ini:

Ilustrasi, kabin Toyota Vellfire – dok.Istimewa

Pertama, pasang peredam di dek. Lantai mobil merupakan bagian yang paling dekat dengan roda dan axle roda. Sementara, getaran roda saat mobil melaju memunculkan bebenuian yang keras dan bisa menembus ke kabin mobil.

Oleh karena itu, dengan meletakkan alas peredam suara atau busa pelindung, maka getaran tersebut akan terserap dari lantai. Suara kebisingan dari getaran akan secara signifikan berkurang.

Insulasi lantai atau dek mobil – dok.Snoring Source

“Banyak orang hanya menutupi area pengemudi dan penumpang depan saja. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda juga harus menutupi area belakang dan bagasi mobil jika memungkinkan,” bunyi penjelasan Auto2000 melalui keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Senin (21/6/2021).

Kedua, lindungi pintu dengan insulasi. Banyak mobil keluaran terkini memiliki pintu yang sangat tipis dengan berbagai alasan dan pertimbangan pabrikan. Kondisi pintu yang tipis ini menjadikan sekat antara luar mobil dengan di dalam (kabin) mobil juga tipis, sehingga kemungkinan suara-suara dari luar masuk ke kain sangat tinggi.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengisolasi pintu dengan cara menginsulasi pintu,. Caranya lepas panel bagian dalam. Kemudian ukuran bagian dalam pintu untuk mengetahui kebutuhan pelapis insulasi yang dibutuhkan.

Insulasi pintu mobil – dok.CarRoar

Lalu tempelkan lembaran insulasi yang sudah dilengkapi perekat ke bagian pintu tersebut. Jika sudah, pasang kembali panel pintu tersebut.

Ketiga, insulasi atap. Seperti halnya pintu, atap mobil memiliki sekat minimal. Dengan menerapkan insulasi, Anda dapat mengurangi banyak kebisingan pada kendaraan dan menciptakan perjalanan yang lebih tenang.

Untuk memasangnya juga seperti memasang lembaran insulasi di pintu. Caranya, lepaskan headliner kain, lalu berhati-hatilah agar bahan tidak rusak karena nantinya akan dipasang kembali.

Melakukan insulasi atap mobil, salah satu cara mengurnagi kebisingan di kabin – dok.Noico

Selanjutnya, ukur atap, terapkan pengukuran pada bahan peredam suara, dan potong sesuai ukuran, lalu pasang.

Keempat, ganti ban yang sesuai. Cara keempat mengurangi kebisingan adalah, menggunaan ban yang sesuai dengan jenis mobil. Pilih ban sesuai rekomendasi dari pabrikan mobil, jika Anda bimbang mencari pilihan.

Sebab adalah komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan yang terus menggelinding seiring laju mobil.

Ilustrasi, ban mobil – dok.Istimewa via Auto Repair Profit System

Walhasil, persentuhan antara ban dengan permukaan jalan itu menimbulkan bunyi yang keras dan bisa masuk ke kabin. (Din/Aa)