Begini Hasil Adu Laris BMW vs Mercy Tahun Ini

0
1353
Logo BMW - dok.Axios

Berlin, Mobilitas – Dua merek mobil mewah asal Jerman – Bayerische Motoren Werke (BMW) dan Mercedes-Benz (Mercy) – merupakan dua merek yang paling menonjol dalam penjualan di seantero dunia. Keduanya juga bersaing ketat di setiap jengkal pasar di negara-negara di mana mereka dijajakan.

Data yang dihimpun Kraftfahrt-Bundesamt (KBA) – Otoritas Transportasi Federal Jerman – belum lama ini memperlihatkan maka mobil berlogo BMW (hanya merek BMW saja, tidak termasuk MINI dan Rolls-Royce) terjual sebanyak 1.178.292 unit.

Jumlah ini lebih sedikit 4.432 unit ketimbang penjualan Mercedes-Benz (Mercy, tidak termasuk merek Smart) yang sebanyak 1.182.724 unit.

Proses produksi mobil Mercedes-Benz – dok.Youtube

Namun, kondisi yang sebaliknya terjadi jika masing-masing merek ini memasukan angka penjualan dari merek mobil yang bernaung di bawah payung grupnya. BMW Group (termasuk MINI dan Rolls-Royce) BMW menjual sebanyak 1.339.080 mobil, naik 39,1% dibanding periode sama tahun lalu.

Sementara Mercy (termasuk merek Smart) – di kurun waktu yang sama – menjual sebanyak 1.182.724 unit atau naik 25,1% dibanding semester pertama 2020. Dengan fakta ini terlihat, bahwa dalam penjualan merek sendiri Mercy masih mengungguli BMW di enam bulan pertama tahun ini.

Tetapi, secara grup (dengan beberapa merek di bawah payung grupnya), justeru sebaliknya. Mercy masih diasapi BMW.

Bengkel mobil di sebuah diler BMW di South Carolina, Amerika Serikat – dok.ABC News

Data KBA juga memperlihatkan, di enam bulan pertama tahun 2019, dalam penjualan yang dibukukan grup Mercy mengungguli BMW. Saat itu Mercy mengantongi angka penjualan sebanyak 1.134.729 unit, sedangkan BMW sebanyak 1.252.837 unit. (Jrr/Aa)