Benda DB300, Motor Cruiser Asal Cina Menggebrak Dunia

0
1163
Tampilan depan Benda DB300 - dok.Motonline

Hangzhou, Mobilitas – Setelah di bulan Mei 2020 meluncurkannya di pasar dalam negeri Cina, Benda Motorcycles – anak perusahaan grup pabrikan otomotif Zhejiang Zhongnan Motorcycle Cina – mulai membawa motor cruiser Benda DB300 menggedor pasar luar negeri. Setelah Italia, kini sejumlah negara di Eropa dan Asia termasuk India masuk di dalam daftar bidikannya.

Seperti dilaporkan laman Caradisiac dan Sino Auto, belum lama ini, serbuan ke Italia bukanlah tanpa perhitungan cermat. Negeri Piza itu merupakan negara yang dikenal sebagai kandang pabrikan-pabrikan motor sohor di dunia, dan sekaligus menjadi kiblat industri motor Eropa.

Walhasil, dengan menaklukan pasar Italia maka mata dunia akan memandang padanya. Begitu pun dengan rencana bidikan ke India, negara dengan penduduk terbanyak kedua di dunia (yakni 1,38 miliar jiwa atau kedua setelah Cina) itu merupakan pasar sepeda motor terbesar kedua sedunia setelah Cina.

Tampilan lampu depan Benda BD300 – dok.GPOne

Selain itu, seperti dilaporkan laman Motonline Benda DB300 juga diposisikan sebagai penantang motor sejenis yang populer di India yakni Royal Enfield Meteor 350. Gaya desain yang ciamik, fitur terkini, plus harga terjangkau mejadi senjata utamanya

Benda DB300 mengusung mesin 298cc V-Twin berpendingin cairan yang berstandar Euro5. Semburan tenaganya mencapai 30 hp pada putaran mesin 8.500 rpm dengan torsi 260 Nm yang disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi enam tingkat percepatan.

Motor berbobot 170 kilogram ini diklaim mampu melesat hingga 150 kilometer per jam. Kapasitas tangkinya mencapai 15 liter.

Laman Rushlane belum lama ini menyebut, tampilan motor ini sedikit berbeda dengan gambar rendering yang beredar sebelumnya. Ubahan terlihat dari knalpot bermodel split dimana head dan muffler ada pada kedua sisinya.

Benda BD300 sejak April 2021 telah merangsek pasar Italia – dok.Caradisiac

Perbedaan perbedaan juga terlihat pada tangki dan spakbor. Setang juga lebih tinggi dan lebih panjang yang dimaksudkan agar penunggang motor ini akan lebih nyaman melakukan perjalanan jarak jauh

Lampu-lampunya menggunakan LED. Instrumen cluster menggunakan layar TFT. {eranti pengeremannya menggunakan cakram yang dilengkapi Antilock Braking System (ABS).

Di pasar India Benda diperkirakan membanderolnya 239.000 Rupee atau sekitar Rp 46,5 juta (kurs 1 rupee = Rp 154,97). (Tom/Aa)