Benelli Leoncino 250 Versi Anyar Gedor Dunia

0
1231
Benelli Leoncino 250 versi terbaru - dok.Istimewa

Zhejiang, Mobilitas – Pabrikan motor asal Wening, Zhejiang, Cina yang juga diketahui sebagai pemilik merek asal Italia, Benelli – yakni Qianjiang Motorcycle – baru saja melakukan penyegaran terhadap motor sport bergaya scrambler buatannya, yakni Benelli Leoncino 250. Versi penyegaran alias versi anyar ini sejatinya belum lama beredar.

Di Indonesia diluncurkan pada Agustus 2019 di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu dan bahkan di Filipina telah merangsek pasar setempat pada Mei di tahun itu. Sehingga, jika sekarang pabrikan pembuatnya melakukan penyegaran demi memantik perhatian dan menggaet hati konsumen adalah hal yang wajar.

Kini, Qianjiang Motorcycle melakukan penyegaran dengan meng-upgrade lampu depan yang kini full-LED yang tak seperti mengikuti saudara tuanya, Leoncino 500. Kemudian panel instrumen juga direvisi dengan full digital sehingga terlihat jelas di segala kondisi.

Tampilan muka Benelli Leoncino 250 versi paling anyar – dok.Istimewa

Seperti dilaporkan Sino Auto dan China Moto News, belum lama ini, ternyata pabrikan motor yang merupakan anak perusahaan dari Geely Holding itu juga melakukan penyempurnaan pada mesin. Jantung pacu berkapasitas 250 cc silinder tunggal dengan pengabutan bahan bakar menggunakan injektor itu, sekarang telah berstyandar emisi Euro 5.

Meski, untuk semburan tenaga masih sebesar 26 hp pada 9.250 rpm dengan torsi 21 Nm pada 8.000 rpm yang disalurkan ke roda menggunakan transmisi enam tingkat kecepatan. Berbekal tenaga sebesar itu, Leoncino 250 anyar ini mampu melaju hingga kecepatan 120 kilometer per jam.

Secara garis besar motor yang dibalut bodywork agak ramping dengan bentuk tangki dan mesinnya yang ramping, sangat mirip dengan Husqvarna Svartpilen 401. Perangkat suspensi depannya menggunakan garpu up-side-down berdiameter 41 mm, dan bagian belakang memakai lengan ayun plus monoshock tengah dan travel 51 mm.

Benelli Leoncino 250 versi lama diluncurkan di Indonesia di hajatan GIIAS 2019 lalu – dok.Istimewa

Untuk pengereman menggunakan cakram tunggal berdiameter 280 mm dengan kaliper empat piston di roda depan. Sedangkan di roda belakang menggunakan cakram berdiameter 240 mm dengan kaliper floating satu piston.

Qianjiang Motorcycle membrrinya pelek aluminium alloy 17 inci yang dipasangkan dengan ban 110/70-R17 di bagian depan. Sedandkan bagian belakang berpelek dengan ukuran sama namun bannya 150/60-R17. (Din/Aa)