Berharga Rp 558,2 Juta, Ini yang Ditawarkan All New Voxy di RI

0
1708
All New Voxy resmi meluncur di Indonesia dengan banderol mulai Rp 558,2 juta - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Setelah menjadi rumor hangat di tengah masyarakat sejak beberapa bulan lalu, akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan model terbaru MPV High Toyota Voxy atau All New Voxy di Indonesia. Dengan serangkaian ubahan mulai dari platform dan mesin serta diimbuhi fitur teknologi keamanan dan kenyamanan terkini, mobil ini dihargai Rp 558,2 juta – Rp 561,2 juta (untuk warna premium) on the road Jakarta.

Seperti diungkap Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, All New Voxy menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Dengan platform TNGA itu pula, ujar Anton, desain keseluruhan All New Voxy menjadi lebih aerodinamis, sehingga tidak hanya meningkatkan kenyamanan berkendara saja.

“Tetapi juga visibiltas lebih luas berkat desain pillar A yang ramping. Dan lebih dari itu lebih efisisien bahan bakar dan kedap suara,” papar dia dalam sesi tanya jawab usai peluncuran MPV itu secara virtual di Jakarta, Kamis (17/2/2022).

Interior bagian depan atau kokpit All New Voxy – dok.TAM

Terlebih, Toyota membekalinya dengan mesin baru berkode M20A-FKS, yang berteknologi Dynamic Force Engine. Mesin dengan kubikasi 1.986 cc, empat silinder, 16 Valve, DOHC itu menyemburkan tenaga hingga 170 PS pada 6.600 rpm atau naik 11,8 % dibanding mesin model lawas yang bertenaga 152 PS.

“Begitu pula dengan torsinya yang mencapai 20,6 Kgm pada 4.900 rpm atau naik 4,6% dibanding torsi yang dihasilkan mesin di model lawas yang sebesar 19,7 Kgm,” jelas Anton.

Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi CVT yang halus dan responsif. Sehingga, meski lebih bertenaga, tetapi konsumsi bahan bakarnya lebih efisien, yakni berada di level 15 kilometer/liter.

All New Voxy menggunakan fitur rem pakir elektronik – dok.TAM

Tampilan luar All New Voxy lebih futuristis dan agresif namun tetap membawa kesan premium. MPV dengan dimensi dengan panjang 4.695 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.855 mm ini kabinnya luas dan lapang.

“Sebagai Boxy MPV, atap persegi tanpa lekukan memberikan ekstra ruang seperti saat berada di atrium. Ditambah dengan pemanfaatan platform TNGA dan didukung wheelbase sepanjang 2.850 mm, lantai All New Voxy dapat dibuat rendah dan rata sehingga memudahkan akses keluar-masuk, pergerakan di dalam kabin, dan meningkatkan kenyamanan,” jelas Anton.

Kursinya dapat diatur dengan mudah sesuai kebutuhan. Jarak antar penumpang, khususnya di baris kedua kini menjadi lebih lega. Bahkan, ketika kursi baris ketiga di lipat, kursi baris kedua dapat dimundurkan jauh ke belakang untuk ruang duduk yang lebih luas, dan juga dapat direbahkan untuk menyatu dengan kursi baris ketiga sehingga menciptakan layout seperti sofa di rumah.

Kursi baris kedua All New Voxy bisa dilpat dan sandarannya selaras dengan kursi baris ketiga sehingga membentuk formasi layaknya sofa – dok.TAM

All New Voxy dilengkapi New Comprehensive 7” TFT LCD MID with Head-Up Display untuk memantau beberapa indikator penting seperti kecepatan tanpa perlu mengalihkan pandangan dari jalan di depan. Lalu fitur Seamless Steering Switch with New TSS button mempermudah pengemudi dapat mengoperasikan beberapa fitur pada All New Voxy tanpa harus melepas setir.

Bahkan, klaim Anton, ada dua inovasi baru yaitu Dual Sliding Door with New Kick Sensor dan New Dashing Power Back Door with Side Button. Fitur Kick Sensor memberikan kemudahan bagi pengguna untuk dapat membuka sliding door saat membawa barang bawaan, sementara fitur Side Button memungkinkan pengguna untuk membuka pintu bagasi dari samping saat berada di area yang sempit.

“Menariknya, fitur Power Back Door pada All New Voxy dapat menyesuaikan bukaannya di area sempit, dan ini merupakan fitur yang pertama di dunia yang Toyota hadirkan secara khusus di All New Voxy,” kata dia.

All New Voxy dilengkapi dengan fitur baru yakni membuka pintu samping dengan menggunakan ayunan kaki di bagian bawah pintu – dok.TAM

Fitur TSS terbaru
Sementara dari segi hiburan, tersedia fitur Refined 9” Head Unit yang terkoneksi dengan Marvelous 11.6” Roof Rear Seat Entertainment (RSE). Sehingga baik penumpang di depan maupun di belakang dapat menikmati perjalanan bersama All New Voxy.

Selain itu All New Voxy juga dibekali dengan fitur New Wireless Charger dan 6 Practical USB Port, sehingga seluruh penumpang tidak perlu khawatir dalam hal mengisi ulang daya baterai gadget saat melakukan perjalanan jauh. Juga terdapat fitur New Pleasant Air Purifier untuk menyegarkan udara di dalam kabin, sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman.

All New Voxy – dok.Istimewa

All New Voxy dilengkapi dengan generasi terbaru dari teknologi keselamatan Toyota yang mengandalkan sensor dan radar, yaitu Toyota Safety Sense 3.0 (TSS 3.0) yang diklaim untuk pertama kalinya di dunia. “Inin merupakan fitur TSS terbaru, dan All New Voxy merupakan yang pertama di dunia yang menggunakannya,” klaim Anton.

Selain TSS 3.0, All New Voxy juga didukung oleh fitur advance berbasis teknologi telematik, yaitu T Intouch. “T Intouch menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari, dengan menghubungkan pengguna All New Voxy ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan manfaat terintegrasi,” imbuh Anton. (Swe/Aa)