Bertenaga 707 hp, Aston Martin DBX 707 Diklaim Jadi SUV Terbuas Sejagat

0
1372
Aston Martin DBX707 - dok.Istimewa via TopGear

Gaydon, Mobilitas – Setelah beberapa kali hanya menyajikan cuplikan-cuplikan gambar penggoda alias teaser, akhirnya Aston Martin Lagonda secara resmi meluncurkan model terbaru dari Aston Martin DBX, yakni Aston Martin DBX707. Pabrikan asal Gaydon, Inggris ini menyebut SUV anyarnya ini memiliki keunggulan yang bukan hanya desain dan fitur canggih semata, tetapi juga semburan tenaga dan akselerasi yang sangat tinggi.

Seperti dilansir dalam situs resminya, Selasa (1/2/2022), SUV yang bakal berhadapan dengan Lamborghini Urus, Porsche Cayenne, dan BMW X5/X6 M itu mengusung mesin V8 4.0 liter twin-turbo seperti Aston Martin DBX standar.

“Namun, dengan serangkaian penyempurnaan dan racikan khusus, semburan tenaga DBX707 mencapai 707 hp dengan torsi hingga 900 Nm. Artinya ada tambahan tenaga lebih besar 157 hp , berkat penggunaan turbo baru serta kalibrasi ulang mesin,” bunyi pernyataan pabrikan yang didirikan pada 15 Januari 1913 itu.

Tampilan kokpit Aston Martin DBX707 – dok.Istimewa via DriveLife

Satu hal lagi, para insinyur pabrikan juga memberinya knalpot quad-exit baru. Peran saluran pembuangan ini diklaim turut memberi andil yang signifikan terhadap peningkatan tenaga dari mesin V8 tersebut.

Berkat semburan tenaga dan torsi yang lebih dahsyat itu maka akselerasi kecepatan dari posisi diam (0 kilometer per jam/kpj) ke kecepatan 100 kpj (atau 0 – 100 kpj) dicapai hanya dalam tempo 3,3 detik. Waktu ini jauh lebih baik dibanding tingkat akselerasi di jarak yang sama oleh Aston Martin DBX standar, yakni 4,5 detik.

Dengan kata lain, SUV ini diklaim sebagai SUV “paling buas” sejagat. Sebab tak hanya semburan tenaganya saja yang berangas, namun kecepatan akselerasi yang juga ganas.

Peluncuran Aston Martin DBX707 – dok.Istimewa via Autoevolution

Untuk mengimbangi semakin dahsyat semburan tenaga dan laju akselerasi itu, Aston Martin juga merancang proses deselerasi yang smooth tetapi tetap aman plus peranti pengeremanan yang dirancang lebih canggih dalam menarik laju mobil hingga berhenti. Selain itu, pabrikan juga memberinya suspensi baru dengan teknologi Electronic Active Roll Control (eARC),

Secara tampilan, Aston Martin DBX707 terlihat lebih berotot dan agresif dibandingkan model standar. Bumper depan mengusung gaya desain baru dengan gril yang lebih besar, air intake dan splitter didesain ulang.

Sementara bagian belakang – secara umum – tidak berubah meski di bagian bawah bumper direvisi guna menyesuaikan dengan kehadiran knalpot quad dan spoiler atap baru. Velg mobil ini berukuran 22 inci untuk standarnya, tetapi pabrikan juga menyuguhkan opsi ukuran 23 inci.

Mesin Aston Martin DBX707 – dok.Istimewa via DriveLife

Chief Executive Officer Aston Martin, Tobias Moers optimis penjualan model DBX707 ini bakal moncer dan memberi kontribusi 60% dari total penjualan global DBX. “Saya melihat potensi tinggi di pasar untuk kendaraan di segmen ini yang menghasilkan banyak penjualan dalam setahun,” kata dia. (Din/Aa)