Biker Korban Tabrak Lari Ini Terselamatkan Berkat Smart Watch

0
1392
Ilustrasi, pesepeda motor korban tabrak lari - dok.Shutterstock via Accident News

Singapura, Mobilitas – Seorang pengendara sepeda motor (biker) di Singapura, Muhammad Fitri (24 tahun) pada 25 September lalu menjadi korban tabrak lari oleh sebuah mobil van. Fitri yang diserempet mobil van di persimpangan Ang Mo Kio Avenue 6 dan Ang Mo Kio Street 3, Singapura, itu terjatuh dan sempat tidak sadarkan diri.

Seperti dilaporkan laman Mothership dan Says, belum lama ini, dalam sebuah postingan di aku Facebook miliknya, adik Muhammad Fitri menceritakan kronologi kejadian itu. Dia menyebut, pada 25 September sekitar pukul 20.20 waktu setempat, Fitri dalam perjalanan pulang dari tempat kerja menuju tempat tinggalnya.

“Ketika dia mengendarai sepeda motornya di pertigaan, dan ada sebuah (mobil) van yang tiba-tiba keluar dari jalan di sebelah kiri dan berbelok kanan. Van itu kemudian menabrak saudara saya yang saat itu berada di dalam kotak kuning. Tetapi, van kemudian meninggalkan dia yang tergeletak di tempat kejadian,” tulis adik Fitri itu.

Kepada harian berbahasa Mandarin, Lianhe Wanbao – yang mewawancarainya setelah dia berangsur pulih – Fitri mengatakan, sesaat setelah dia terjatuh karena diserempet van itu, sempat melihat mobil tersebut pergi begitu saja tanpa menghiraukannya. Setelah itu, dia pun seperti terlerlap karena pingsan.

Namun, jam tangan pintar (smart watch) yang dikenakannya terbentur keras ke permukaan jalan. Pada saat itulah, fitur pintar jam tersebut – yakni fitur panggilan darurat ke ambulans dan petunjuk lokasi dimana korban berada – berfungsi.

Hal itu juga dibenarkan oleh adik Muhammad Fitri. “Kakak saya saat itu tidak sadarkan diri dan untungnya Apple Watch-nya memanggil ambulans,” tulis sang adik.

Ilustrasi, fitur SOS di jam tangan Fitri yang terbentur keras ke permukaan aspal langsung mengirimkan pesan darurat ke ambulans dan orang dekatnya – dok.Istimewa

Berkat panggilan itulah, tak lama kemudian ambulans pun datang ke tempat kejadian. Petugas paramedis segera melakukan tindakan pertolongan pertama dan segera melariklan pria malang itu ke Rumah Sakit Khoo Teck Puat, sehingga Fitri pun bisa terselamatkan.

Pasukan Pertahanan Sipil Singapura (SCDF) yang dikonformasi membenarkan informasi tentang kasus tersebut. Petugas SCDF menyebut pihaknya menerima laporan, kejadian berlangsung pukul 20.20 waktu setempat, dan langsung melakukan pelacakan keberadaan van penabrak Fitri itu. (Dwp/Aa)