Brabus 1300 R, Motor Hypernaked Keren Buah Kongsi Brabus – KTM

0
1336
Brabus 1300 R - dok.Istimewa

Mattighofen, Mobilitas – Pabrikan sepeda motor asal Mattighofen, Austria – KTM AG – menggandeng perusahaan spesialis tuning asal Bottrop, Jerman, Brabus, meracik sepeda motor keren yakni hypernaked bernama Brabus 1300 R. Kabarnya, motor itu diluncurkan hari ini, Rabu (11/2/2022) di Bottrop, Jerman, waktu setempat.

Seperti dilaporkan situs resmi KTM yang dilansir laman Motorcycle dan Cycle World, Jumat (11/2/2022), Brabus 1300 R menggunakan basis KTM 1290 Super Duke Evo. “Dengan tagline Heart of a Beast, Soul of a Gentleman, motor ini tak sekadar menyugguhkan kedahsyatan performa, tetapi juga ketampanan paras dan kecanggihan fitur yang dimiliki,” bunyi keterangan Brabus dan KTM.

Tampilan depan Brabus 1300 R – dok.Istimewa

Berbekal mesin V-twin 1.301 cc, motor ini memiliki semburan tenaga hingga 180 hp. Peranti suspensi depan WP Apex yang memiliki peredaman serta bisa disesuaikan secara elektronik elektronik di bagian roda depan. Sementara bagian belakang menggunakan monoshock WP plus lengan ayun yang juga bisa disesuiakan secara elektronik.

Secara tampilan tak berbeda jauh dengan KTM 1290 Super Duke Evo. Tetapi, lampu depan dibuat sedikit berbeda dengan bentuk bulat plus bodywork futuristik mencuatkan kesan motor super dengan sentuhan retro yang kuat. Sebuah tampilan motor sport yang kini tengah ngetren di berbagai belahan dunia.

Knalpot dua pipa besutan khusus Brabus 1300 R – dok.Motorcycle.com

Selain itu, tampilan ini juga menyiratkan pesan bahwa meski berperforma dahsyat, namun motor ini ramah dengan kondisi jalan raya. Artinya, untuk berkendara harian pun tak jadi persoalan.

Meski, ada beberapa komponen yang dibuat secara manual alias buatan tangan sebagai ciri khas Brabus. Satu catatan penting dari tampilan itu adalah air intake dari bahan serat karbon membawa persepsi orang ke tampilan Ducati Diavel.

Brabus 1300 R saat diuji jalan – dok.Motorcycle News.com

Terlebih Brabus – yang selama ini dikenal sebagai tuner mobil-mobil mewah seperti Mercedes-Benz itu – juga memberinya knalpot khusus besuatannya, dengan dua pipa panyluran gas buang. Dengan knalpot ini, bukan cuma tampilan yang semakin keren tercipta tetapi juga performa dahsyat mesin kian mencuat.

Brabus memproduksinya hanya 77 unit, hal itu dilakukan sebagai pertanda hari jadi perusahaan yang telah menapak 77 tahun. Ada beberapa pilihan warna yang ditawarkan, yakni Magma Red atau Signature Black. (Jrr/Ara)