Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the foxiz-core domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the molongui-authorship domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /var/www/vhosts/mobilitas.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 6114
Bukan Truk Listrik Biasa, Fuso eCanter Dilengkapi Fitur Tercanggih di Kelasnya – Mobilitas.id
Mitsubishi eCanter - dok.Mobilitas

Bukan Truk Listrik Biasa, Fuso eCanter Dilengkapi Fitur Tercanggih di Kelasnya

Arif Arianto
3 Min Read

Jakarta, Mobilitas – Truk listrik yang yang diluncurkan sekaligus mulai dijual pada Selasa (17/7/2024) itu tidak hanya menjadi solusi transportasi yang ramah lingkungan karena tanpa emisi gas buang, tetapi juga aman dan nyaman dikendarai.

“Fuso eCanter yang kami luncurkan ini memiliki fitur keamanan yang paling canggih di kelasnya, mulai dari AVAS, IHC, dan Lane Departure Warning System. Semua fitur ini kami hadirkan untuk memastikan kenyamanan dan tentu nya keamanan bagi para supir truk,” ungkap Sales & Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (PT KTB) Aji Jaya, dalam keterangan resmi yang diterima Mobilitas di Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Aji menjelaskan, Electronic Stability Program (ESP) merupakan fitur keamanan canggih yang berfungsi menstabilkan kendaraan pada saat pengereman di situasi berbahaya. Sehingga pengemudi dapat tetap mengendalikan kendaraan dan menghindari kecelakaan.

Kemudian, Land Departure Warning System (LDWS) berfungsi untuk mengontrol kendaraan yang melaju cepat untuk tetap di jalurnya. Fitur ini membantu mempertahankan kendali kendaraan dalam situasi mengemudi yang sulit, seperti tikungan tajam atau permukaan jalan yang licin, sehingga mengurangi risiko tergelincir atau terbalik.

Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter yang dijual di Indonesia – dok.Mobilitas

Lalu, teknologi Accoustic Vehicle Alert System (AVAS) yang berperan untuk memberi peringatan kepada orang sekitar saat kendaraan sedang mendekat. “Selain itu juga terdapat fitur Intelligent Headlight Control (IHC) untuk membantu pencahayaan di malam hari yang disesuaikan dengan kebutuhan secara otomatis,” kata Aji.

Namun, fitur yang tidak kalah penting adalah hadirnya kaca spion kabin yang terintegrasi dengan kamera belakang. Fitur ini, jelas Aji, membantu pengemudi dalam memarkir kendaraan dengan aman, mengurangi risiko tabrakan dengan objek atau pejalan kaki di sekitar kendaraan.

Selain keunggulan fitur, truk bersumber tenaga dari setrum dan pertama dijual di Indonesia ini juga memiliki keunggulan beraupa efsiensi biaya operasi lebih tinggi 40 persen dibanding truk konvensional di kelas yang sama.

Tampilan kabin Mitsubishi eCanter – dok.Mobilitas

Menurut General Manager of Product Strategy Unit PT KTB, Bayu Aprizal, besaran efisensi biaya tersebut cukup signifikan bagi pelaku bisnis. ‘Biaya listrik untuk mengisi daya jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya bahan bakar fosil. Selain itu, eCanter memiliki lebih sedikit komponen bergerak, sehingga biaya perawatan dan pemeliharaan juga lebih rendah,” kata bayu.

Kini truk listrik itu dipamerkan di hajatan GIIAS 2024 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, 18 – 28 Juli 2024. “Kami hadirkan Fuso eCanter pada GIIAS tahun ini sebagai wujud dari tema yang kami bawa yaitu Leading Innovation dan juga sebagai komitmen kami terhadap regulasi emisi gas buang dari pemerintah,” jelas Aji Jaya. (Tan/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article