BYD Siapkan Calon Pembunuh Tesla Model 3

0
1252
Mobil listrik BYD yang disebut sebagai calon pembunuh Tesla Model 3 - dok.Car News China

Shenzen, Mobilitas – Pabrikan mobil kondang asal Shenzen, Guangdong, Republik Rakyat Cina (Cina) – BYD Automobile Company Ltd (BYD) – diketahui tengah menyiapkan mobil listrik anyar yang hingga saat ini masih dinamai Seal. Mobil ini digadang-gadang menjadi amunisi untuk “membunuh” mobil listrik terlaris Tesla Inc, yakni Tesla Model 3.

Sejumlah sumber yang dikutip media lokal Diandong dan dilansir Car News China, belum lama ini menyebut mobil listrik yang berbasis arsitektur e-platform 3.0 BYD itu memiliki sejumlah keunggulan dibanding pesaingnya itu. Daya jangkau yang lebih jauh, spesifikasi teknis, dan harga yang lebih bersaing adalah beberapa di antaranya.

Seal, kata sang sumber, menggunakan baterai Blade 800V dengan jangkauan hingga 700 kilometer (meski tak menyebut besaran kapasitas mesin dan tenaga yang diseburkan). “Mobil mampu berkaselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam tempo 3,3 detik dengan sistem penggerak roda 4WD sebagai opsional,” kata dia.

Konsep mobil listrik BYD yang diklaim sebagai cikal bakal pembunuh Tesla Model 3 – dok.Car News China

Seseorang yang melihat prototipe Seal tengah menjalani uji jalan memperkirakan jarak sumbu roda mobil itu panjang, yakni sekitar 2,9 meter. Ini memberikan beberapa keuntungan, antara lain ruang kabin yang lapang dan dinamika berkendara yang baik, serta proporsi yang bagus.

Dari jepretan foto candid terlihat ada panoramic sunroof berukuran besar dengan jok depan yang sporty. Kemudian jendela belakang yang panjang serta banyak ruang untuk penumpang bagian belakang, sesuatu yang sangat diinginkan pembeli mobil di Cina.

Sumber internal BYD itu menyebut dimensi panjang Seal mencapai 4.770 milimeter (mm) lebar 1.860 mm,dan tinggi 1.460 mm. Namun hingga kini belum disebutkan kapan mobil tersebut mulai diproduksi massal dan dijual.

Interior mobil lisrrik baru BYD yang disebut sebagai pembunuh Tesla Model 3 – dok.Car News China

Sebelumnya, mengutip data yang dirilis Asosiasi Produsen Otomotif China (CAAM) dan Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA), laman China Daily, Kamis (6/1/2022) melaporkan total penjualan yang dibukukan BYD selama satu tahun penuh di 2021 meroket 218,3% dibanding tahun sebelumnya. Total penjualan tahun 2021 sebanyak 603.783 unit, sedangkan di tahun sebelumnnya masih 189.689 unit.

Sekadar perbandingan, tahun yang sama Tesla berhasil melego mobilnya sebanyak 936.172 unit. Angka ini melonjak 87% dibanding jumlah yang berhasil dikoleksinya pada tahun 2020.

Mobil Tesla yang paling laris sepanjang tahun itu adalah Tesla Model 3 dan Model Y. Keduanya terjual sebanyak 911.208 unit, diikuti model mewah – yakni Tesla Model S dan Model X yang laku sebanyak 24.964 unit.

Tesla Model 3, mobil Tesla paling laris di Korea – dok.Bloomberg

Data perusahaan yang dikutip Associated Press, Senin (3/1/2022) memperlihatkan Tesla Model 3 dan Model Y. Keduanya terjual sebanyak 911.208 unit, diikuti model mewah – yakni Tesla Model S dan Model X yang laku sebanyak 24.964 unit. (Jrr/Aa)