Cara Mudah Bikin Jamur di Kaca Mobil Musnah

0
380
Kaca mobil yang berjamur - dok.Mibilitas

Jakarta, Mobilitas – Pandangan yang terganggu saat menyetir mobil karena kacanya yang didaimi jamur tak hanya membuat berkendara tak nyaman, tetapi juga tak aman. Hindarkan segera jamur yang menempel di kaca itu, karena caranya mudah dan sederhana.

Menurut spesialis auto detailing AutoKlin, Andi Setiawan, untuk menghindarkan jamur kaca sebaiknya dilakukan perawatan mobil secara rutin di salon perawatan mobil.

“Sebab, dengan perawatan rutin, segala kotoran yang berpotensi menimbulkan jamur akan hilang. Apalagi, saat ini ada salon yang memberikan layanan ke rumah, atau bahkan ada yang antar jemput mobil yang akan dilakukan perawatan,” ujar dia saat ditemui di Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (1/5/2021).

Alkohol 70 persen – dok.Mobilitas

Untuk pencegahan, sebaiknya tidak memarkir mobil di tempat yang lembab. Selain itu, segera bilas atau cuci mobil yang baru saja terguyur hujan begitu sampai di rumah.

Namun, jika jamur sudah terlanjur tumbuh di kaca harus dilakukan upaya untuk memusnahkannya. Tapi, Anda tak usah terlalu risau. Pasalnya, dengan cara yang sederha dan dengan bahan yang ada di rumah, jamur tersebut bisa dihilangkan dengan mudah.

Pertama, menggunakan cairan alkohol 50% – 90%. Caranya, basahi lap yang benar-benar bersih dengan cairan itu. Lalu usabkan ke kaca yang berjamur. Lakukan gerakan bolak-balik dengan arah yang saling berlawanan, dan kemudian ganti dengan lap lain yang bersih untuk melakukan pengelapan.

Pasta gigi – dok.Mobilitas

Kedua, gunakan minuman bersoda. Caranya, seperti menggunakan cairan alkohol, yakni basahi lap kain yang benar-benar bersih dengan minuman bersoda tersebut. Lalu, gosok-gosoklah bagian kaca yang berjamur hingga bersih.

Ketiga, gunakan pasta gigi. Langkah pertama, oleskan pasta gigi pada bagian kaca mobil yang ditumbuhi jamur, lalu biarkan hingga pasta gigi tersebut mengering.

Setelah itu bilas dengan air bersih dan gosok-gosok kaca agar jamur benar-benar hilang dan keringkan. Setelah itu bersihkan kaca dengan kain fiber yang lembut dan bersih.

Cairan pemutih juga bermanfaat untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil – dok.Mobilitas

Keempat, pakai cairan pemutih pakaian. Langkahnya, basahi kain lembut yang benar-benar bersih dengan cairan pemutih tersebut. Lalu, gosok-gosokan kain tersebut ke bagian kaca mobil berjamur hingga bersih.

Setelah itu guyur dengan air bersih hingga beberapa kali. Kemudian keringkan kaca mobil dengan kain bersih yang lembut. Selamat mencoba. (Fir/Arf)