Cuma 50 Unit, Nissan GT-R50 Garapan Italdesign Dibanderol Rp 15,7 M

0
1339
Ilustrasi, Nissan GT-R50 edisi spesial yang segera diproduksi Italdesign - dok.Istimewa via Carscoops

Turin, Mobilitas – Setelah meluncurkannya dalam versi reguler, pada tahun 2019 lalu kini Nissan yang menggandeng rumah desain asal Turin, Italia – Italdesign Giugiaro SpA – segera memproduksi mobil super Nissan GT-R50 edisi terbatas. Versi ini dibuat hanya 50 unit dengan banderol US$ 1,1 juta atau sekitar Rp 15,75 miliar (kurs US$ 1 = Rp 14.319,85).

Seperti dilaporkan Ansa News Agency dan Carscoops, Sabtu (6/11/2021) setiap model GT-R50 akan dirakit secara manual oleh Italdesign dan pemiesan diberikan kesempatan untuk menentukan sendiri spesifikasi kendaraan mereka.

“Perbedaan paling signfikan antara GT-R50 edisi khusus dan model reguler yang menjadi dasarnya adalah pada bodywork-nya yang unik. Begitu juga dengan lampu depan yang khas, parasnya yang dirombak dengan gril unik, serta atap menggunakan double-bubble, dan tampilan bagian belakang yang sepenuhnya direvisi termasuk sayap belakang hidrolik dan lampu belakang yang dibuat dengan LED khusus,” bunyi keterangan Nissan.

Nissan Nissan GT-R50 versi reguler – dok.Istimewa via Carscoops

Mobil ini mengusung mesin V6 twin-turbo 3.8 liter yang menyemburkan tenaga hingga 710 hp dan torsi 780 Nm, seperti versi regulernya. Mesin ini diimbuhi turbocharger dari mobil balap Nissan GT3, intercooler yang lebih besar, piston khusus, connecting rod dan poros engkol yang berspesifikasi khusus untuk tugas berat.

Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi kopling ganda enam tingkat percepatan. Nissan GT-R50 ini merupakan model yang dibuat sebagai penanda perayaan ulang tahun Nissan GT-R yang ke-50 tahun.

Mobil berperforma tinggi itu dalam sejarah kiprahnya di pasar otomotif dunia telah mendapatkan sambutan yang luar biasa, dan namanya menjadi ikon bagi produk khusus Nissan hingga Kini.

Tampilan bagian belakang Nissan GT-R50 versi reguler – dok.Istimewa

Sehingga tak heran, Nissan GT-R50 juga mendapatkan sambutan yang luar biasa, termasuk edisi khusus kolaborasi dengan Italdesign ini. Hanya, baik Nissan maupun Italdesign tak menyebut apakah 50 unit yang segera digarap itu telah dimiliki oleh konsumen dan dari mana saja mereka berasal.

Sekadar informasi, Italdesign adalah perusahaan spesialis desain mobil kelas atas dan model khusus di Turin, Italia. Perusahaan yang didirikan Giorgetto Giugiaro pada 13 Februari 1968 itu, pada tahun 2010 mengalami masalah keuangan, sehingga 90% sahamnya dibeli oleh Volkswagen Group. (Vto/Aa)