Dahsyat, SUV Listrik Genesis GV 60 Bertenaga hingga 429 Hp

0
1858
Mobil listrik Genesis GV60 - dok.Istimewa via Electrek

Seoul, Mobilitas – Ambisi Hyundai Motor untuk menjadi salah satu pemain utama di pasar mobil listrik dunia terus “menyala” dengan menyuguhkan model-model baru yang dimodali serangkaian teknologi dan kemampuan mumpuni.

Setelah menggelontorkan Hyundai Kona listrik dan Hyundai Ioniq, kini giliran merek mewah miliknya – Genesis – yang mulai siap menggebrak pasar global.

Seperti dilaporkan Yonhap News, Minggu (3/10/2021), setelah sebelumnya mengumumkan rencana kehadiran SUV mewah listrik GV60, kini Genesis mulai menyuguhkan informasi tentang spesifikasi dan keunggulan mobil tersebut. Pabrikan bahkan memamerkan mobil bertenaga dari setrum ini di pameran Camp Tong di Apgujeong, Seoul selatan, pada Sabtu (2/10/2021) kemarin.

Mobil listrik besutan merek mewah Hyundai Genesis, GV60 yang dipamerkan di Seoul, Korea Selatan, 2 Oktober 2021 kemarin – dok.Yonhap

Data jatidiri Genesis GV60 yang dikutip laman Electrek dan Car and Driver, Sabtu (2/10/2021) menyebut, SUV ini menggunakan platform E-GMP Hyundai. Paltform ini juga telah digunakan kendaraan listrik Hyundai Ioniq dan Kia EV6.

“Ini merupakan kendaraan listrik pertama Genesis yang dibangun di atas platform E-GMP, yang akan memungkinkan spesifikasi hebat, seperti Ioniq 5,” sebut Hyundai Motor belum lama ini.

Namun, berbeda dengan Ioniq 5, Genesis GV60 hanya akan hadir dengan opsi paket baterai 77,4 kWh yang lebih besar. Menariknya, semburan tenaga dari motor listrik yang disokong paket baterai tersebut dapat dikonfigurasi dalam penggerak roda belakang maupun penggerak semua roda.

Artinya, mobil ini disajikan dalam pilihan sistem penggerak dua roda belakang (RWD) dan semua roda (AWD). Model RWD – dengan bekal baterai berdaya sebesar itu – diklaim mampu berjalan hingga sejauh 451 kilometer dalam sekali isi baterai.

Versi RWD standar dilengkapi dengan motor listrik bertenaga 168 kW (atau setara 225 hp) dengan torsi maksimum 350 Nm. Pengujian ini telah dilakukan Genesis R&D Center dalam rangka sertifikasi mobil listrik di Korea.

Sementara, model berpenggerak semua roda (AWD) yang juga dibekali baterai 77,4 kW motor listriknya sanggup menyemburkan tenaga hingga 314 hp, bahkan varian bermotor listrik ganda semburan tenaganya mencapai 429 hp . Semua varian diklaim mampu berakselerasi dari kecepatan 0 kilometer per jam (kpj) ke 100 kpj hanya dalam tempo 4,0 detik.

Genesis GV 60 saat masih berwujud konsep – dok.InsideEVs

Satu catatan lain yang diberikan Genesis, SUV GV60 ini juga dilengkapi suara buatan. Tujuannya demi keamanan berkendara di jalan, karena umumnya mobil listrik tak bersuara alias senyap. (Vto/Aa)