Daihatsu Rugger Anyar Meluncur Oktober Nanti, Pesaing Jimny?

0
2656
Daihatsu Rugger versi lawas - dok.Istimewa

Tokyo, Mobilitas – Kabar yang menyebut Daihatsu Motor Corporation (DMC) bakal meluncurkan SUV off-road Daihatsu Rugger versi baru sejatinya telah menggema sejak beberapa bulan lalu. Kehadirannya menyusul Daihatsu Rocky yang meluncur di November 2019 dan Daihatsu Taft yang hadir di pasar Jepang mulai Juni 2020.

Menurut laporan terbaru yang muncul di Interweb, belum lama ini, disebutkan Daihatsu akan membawa sesuatu yang baru ke pasar, yakni SUV off-roader kompak di awal Oktober 2021 nanti. Sejumlah laporan menyebut – meski tak disebutkan namanya secara jelas – bahwa SUV off-roader anyar itu bakal menjadi pesaing Suzuki Jimny.

Namun, pada sisi lain, laporan itu menyatakan SUV versi paling gres dari Daihatsu ini menyuguhkan karakteristik berkendara di lintasan beraspal yang lebih baik. Jika benar, fakta ini, tentu menjadi kontradiktif dengan karakter Suzuki Jimny.

ILustrasi, Daihatsu TAFT versi baru – dok.Istimewa

Perbedaan kian gamblang ketika informasi lain menyebut SUV ini menggunakan basis platform DNGA (Daihatsu New Generation Architecture) yang juga dapat ditemukan di SUV Rocky dan Raize subkompak empat meter. Artinya, seperti dua pendahulunya, Daihatsu Rugger bakal menggunakan sasis model monocoque.

Sedangkan Suzuki Jimny jelas-jelas menggunakan sasis model ladder frame (tangga) yang merupakan sasis khas SUV off-roader sejati. Dengan perbandingan berdasar informasi awal ini – jika benar – maka Rugger seperti halnya Rocky, yakni lebih ke styling sebagai SUV off-roader.

Kabar lain menyatakan, SUV ini akan ditenagai oleh mesin turbocharged tiga silinder berkapasitas kecil dengan sistem penggerak empat roda dengan kontrol dinamis yakni teknologi kontrol elektronik.

Ilustrasi, Daihatsu Rocky – dok.Istimewa

Dan patut diduga, mesin 1.0 liter turbo itu adalah mesin yang dipinjam dari Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Jika benar, maka semburan tenaga dan torsi mesin juga sama dengan yang dihasilkan oleh mesin kedua saudaranya tersebut (ingat Toyota yang memasarkan Toyota Raize adalah induk perusahaan Daihatsu, dan Raize adalah kembaran Rocky).

Sedangkan untuk desainnya, diharapkan memiliki proporsi bodi tegak dengan pilar yang tinggi. Selain itu lengkungan roda melebar, sehingga tampilan sebuah SUV benar-benar mencuat. (Jrr/Aa)