Jakarta, Mobilitas – Selama empat bulan pertama 2023 ini, penjualan mobil murah ramah lingkungan (LCGC) tumbuh 36,8%.
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) mencatat, total penjualan LCGC selama periode tersebut mencapai 67.645 unit. Keterangan data asosiasi industri itu yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Jumat (2/6/2023) menyatakan, total penjualan mobil murah itu setara dengan 20 persen dari total penjualan mobil ke diler (wholesales) yang mencapai 341.311 unit.
Dari total penjualan LCGC selama empat bulan pertama itu, 19.641 unit di antaranya merupakan penjualan Daihatsu Sigra. LCGC yang dipasarkan PT Astra Daihatsu Motor itu sekaligus menjadi LCGC terlaris.
Total penjualan Sigra mengalahkan jumlah penjualan yang dibukukan oleh Honda Brio. LCGC Honda ini mengoleksi angka penjualan sebanyak 14.907 unit.
Meski begitu, kinerja penjualan Honda Brio masih lebih banyak ketimbang Daihatsu Ayla yang sebanyak 8.845 unit. Begitu pula jika dibanding penjualan Toyota Agya yang sebanyak 6.012 unit.
Ihwal penjualan LCGC, Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto yang dihubungi Mobilitas, di Jakarta, Jumat (2/6/2023) mengatakan, secara umum porsi kontribusi penjualan mobil kategori ini masih tetap di kisaran 20 persen hingga 21%.
“Ini membuktikan, segmen pasar terbesar dari pasar mobil di Indonesia itu adalah segmen mobil dengan harga di bawah 300 juta, dan dari segmen ini yang terbesar masih yang berharga di bawah Rp 200 juta,” kata dia.
Fakta ini, lanjut Jongkie, juga menegaskan tingkat daya beli masyarakat Indonesia yang memiliki PDB perkapita US$ 4.000 – US$ 4.500. Meski PDB perkapita ini sedikit naik, namun harga produk juga naik, sehingga besaran daya beli tersebut tetap masih belum menjangkau ke produk dengan harga yang lebih tinggi. (Anp)