Jakarta, Mobilitas – Perusahaan Umum DAMRI (Perum DAMRI) mulai membuka pesanan tiket untuk mudik Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1446 hijriah/2025 sejak Jumat (14/2/2025) lalu.
Head of Corporate Communication DAMRI, Atikah Abdullah, yang dihubungi Mobilitas di Jakarta, Senin (17/2/2025) mengatakan pemesanan tiket bisa dilakukan melalui DAMRI Apps dan Online Agent Travel (OTA) di Traveloka dan redBus, serta Indomaret maupun Alfamart. Bahkan, perusahaan jasa angkutan bus milik negara ini juga memberikan diskon harga tiket untuk pembelian tiket perjalanan pada periode tertentu.
“Diskon harga tiket itu untuk pembelian tiket yang digunakan pada periode mudik Lebaran 17 – 20 Maret 2025 dan arus balik Lebaran periode 1 – 4 April 2025. Diskon harga tiket 10 persen itu dapat ditukarkan melalui voucher di DAMRI Apps,” ujar Atikah.
Promosi ini dimaksudkan agar tingkat keterisian kursi (tingkat okupansi) bus mencapai maksimal dan merata setiap hari selama periode mudik maupun balik Lebaran 2025. Sehingga perjalanan mudik maupun balik penumpang berlangsung aman, nyaman, dan berkesan.
“Oleh karena itu, kami mengingatkn kepada para pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri saat melakukan pemesanan tiket.Sehingga tidak terjadi masalah termasuk reschedule maupun pembatalan tiket. Bahkan jik memilih tanggal-tanggal promosi akan lebih menguntungkan karena ada diskon tersebut,” papar Atikah.
DAMRI menyataakan, pada Lebaran 2025 ini, menyediakan 1.220 unit armada bus. Semua armada akan dicek secara seksama untuk memastikan kelayakan dan kesiapan digunakan. “Sehingga segala potensi yang membahayakan keselamatan atau menganggu kenyamanan perjalanan bisa dihindarkan,” tandas Atikah.
Sekadar informasi, Kementerian Perhubungn mempredikasi puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada 26 – 28 Maret 2025. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada tanggal 6 – 7 April 2025. (Tan/Aa)
Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id