Demi Kenyamanan Pelanggan, Fuso Relokasi Dealer di Indramayu

0
849
Showroom PT Esa Sagara Autotara di Indramayu, Jawa Barat - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) bersama PT. Esa Sagara Autotara (Esa Sagara), Indramayu, merelokasi dealer di Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat ke Jalan Raya Kongsijaya, Jatibarang, Indramayu. Pemindahan lokasi ini dimaksudkan agar memberikan kenyamanan bagi konsumen.

Keterangan resmi PT KTB yang diterima Mobilitas, Selasa (31/5/2022) menyebut, seiring dengan perpindahan lokasi itu PT Esa Sagara juga melakukan peningkatan pelayanan dan fasilitas secara siginifikan. Jika layanan sebelumnya hanya 1S (atau hanya sales alias penjualan saja) kini menjadi 3S (Sales, Service, dan Spare Parts).

“Hal tersebut sejalan dengan komitmen Mitsubishi Fuso untuk memberikan pelayanan yang unggul dari sisi penjualan dan purnajual di Indonesia. Meskipun saat ini adalah era digital, kehadiran dealer ini tetap akan mampu untuk menjangkau konsumen dengan baik dan fasilitas ini akan memberikan dukungan yang dibutuhkan oleh konsumen,” bunyi keterangan PT KTB terkait tujuan relokasi dealer itu.

Direktur Sales & Marketing PT KTB, Duljatmono mengatakan, lokasi baru dealer tersebut merupakan lokasi yang sangat strategis karena pintu gerbang untuk rute distribusi dari Jakarta ke Jawa Tengah.

Management KTB dan Dealer PT. Esa Sagara Autotara saat pembukaan showroom baru yang merupakan relokasi showroom lama di Ajibarang, Indramayu, Jawa Barat – dok.Istimewa

“Dan kami dapat melihat potensi pertumbuhan dari tahun ke tahun. Hal ini penting bagi kami agar dapat lebih dekat dan memberikan pelayanan terbaik melalui dealer ini kepada seluruh konsumen di Jatibarang, Indramayu guna mendukung perkembangan bisnis mereka,” papar dia.

Bangunan dealer seluas 1.287 meter persegi itu dibangun di atas lahan seluas 4,175 meter persegi. Outlet tersebut dilengkapi tiga stall dan ruang tunggu yang nyaman untuk para supir.

“Seluruh mekanik di outlet ini telah ditraining oleh KTB sehingga mampu melayani hingga delapan konsumen per hari,” ujar Duljatmono.

Truk ringan Mitsubishi Fuso – dok.Istimewa

Ruangan showroom dilengkapi air conditioner, free Wi-Fi dan TV kabel. Saat menunggu, konsumen dapat mengunjungi showroom dan menanyakan kepada tenaga penjual professional kami, mengenai apapun termasuk Canter dan Fighter X yang terbaru.

Pimpin pasar truk
Peningkatan layanan merupakan bagian dari strategi yang wajib dilakukan secara terus menerus di tengah persiangan pasar yang semakin ketat. Terlebih, PT KTB dengan produksi truk Mitsubishi Fuso yang dipasarkannya, hingga kini masih tercatat sebagai “penguasa” pasar.

Data penjualan di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dinukil Mobilitas belum lama ini menunjukkan, di segmen kendaraan komersial Mitsubishi Fuso masih merajai penjualan ritel dengan total 8.644 unit. Jumlah itu naik 19,3 persen dibanding periode sama tahun 2021.

Truk Fuso FN 517 ML2SL model tahun 2022 – dok.Istimewa

Berikut daftar penjualan ritel kendaraan niaga di Indonesia sepalama kuartal pertama 2022:
Fuso: 8.644 unit (naik 19,3%)
Isuzu: 7.126 unit (naik 22,3%)
Hino: 6.362 unit (naik 46,6%)
UD Trucks: 566 unit (naik 31,9%)
Daimler: 408 unit (naik 48%)
Tata: 62 unit (turun 7,5%)
FAW: 83 unit (naik 151,5%)
Scania: 62 unit (turun 50,8%)
Sumber: Gaikindo, 2022
Keterangan: Jumlah penjualan ritel dari merek lain terdiri dari truk dan bus, sedangkan penjualan terbanyak Fuso adalah truk. (Jrr/Aa)