Di Asean Nanjak 31,6%, Penjualan Global Piaggio Moncer

0
1328
Vespa GTS300 versi terbaru dok.Istimewa

Roma, Mobilitas – Pabrikan motor spesialis skuter asal Italia – Piaggio Group – sepanjang tahun 2021 kemarin membukukan penjualan dengan hasil yang sudah lebih baik dibanding masa sebelum krisis, tahun 2020 maupun 2019. Total penjualan global (penjualan ke konsumen atau ritel) mereka ini diketahui mencapai 352.477 unit.

Menurut hasil studi perusahaan riset yang berbasis di Roma, Italia – Motorcycles Data – yang dirilis belum lama ini, angka itu merupakan penelesuran penjualan ritel di 80 negara lebih. Negara-negara itu merupakan pasar yang selama ini digarap oleh pabrikan yang didirikan Rinaldo Piaggio pada tahun 1884 tersebut.

“Jumlah penjualan unit yang teregistrasi di otoritas pemerintah (ritel) itu diketahui naik 14,7% dibanding penjualan selama tahun 2020. Angka ini merupakan terbaik kedua sepanjang sepuluh tahun terkahir, dan telah pulih dari krisis pandemi (Covid-19),” bunyu keterangan lembaga tersebut.

Piaggio One, skuter listrik Piaggio yang dijajakan di Asia – dok.Istimewa

Eropa masih menjadi pasar terbesar bagi merek ini. Namun, sepanjang tahun 2021 kemarin, total penjualan di benua itu merosot 1,8% dibanding tahun sebelumnya.

Penjualan global Piaggio terdongkrak larisnya penjualan di Cina yang meroket hingga 64%. Kemudian di India dan sekitarnya termasuk Pakistan, Bangladesh, dan Srilanka menanjak 34,8%.

“Kenaikkan penjualan yang tidak kalah besarnya adalah di wilayah Asia Tenggara (Asean) yang mencapai 31,6%,” sebut Motocycles Data. (Swe/Aa)