Ilustrasi, Toyota - dok.Istimewa via NoCamels

Di Israel Selama Januari – Agustus 2023, Toyota Dibungkam Hyundai dan Kia

Arif Arianto
2 Min Read

Yerusalem, Mobilitas – Sepanjang Januari hingga Agustus 2023 ini, total penjualan mobil di Israel meningkat 11,1 persen dibanding periode sama 2022.

Data Asosiasi Importir Mobil Israel (IVIA) dan Cartube yang dikutip Mobilitas, di Jakarta, Kamis (28/9/2023) menunjukkan sepanjang kurun waktu itu 220.499 mobil (kendaraan penumpang dan niaga ringan) terjual di negeri itu. Sementara pada periode yang sama di tahun lalu, total mobil yang terjual sebanyak 198.545 unit.

Jumlah penjualan itu dibukukan pabrikan dari berbagai negara di sejumlah belahan dunia, mulai dari Eropa, Amerika hingga Asia. Pabrikan asal Asia berasal dari Jepang, Korea, serta Cina.

Menariknya, dari jumlah pabrikan yang ada, lima besar atau lima pabrikan dengan penjualan terbanyak merupakan pabrikan asal Asia. Hyundai Motor, pabrikan asal Korea Selatan tercatat sebagai pabrikan dengan penjualan terbanyak dengan total 35.920 unit.

Ilustrasi, KIa Sportage GT – dok.Istimewa

Dia disusul saudaranya, Kia Motors yang melego 27.245 unit yang bertengger di urutan kedua. Lalu, pabrikan asal Jepang – Toyota Motor – berada di urutan ketiga setelah menjual 23.318 unit.

Kemudian, pabrikan asal Cina, Build Your Dream (BYD) Auto bercokol di urutan keempat setelah berhasil menjajakan 12.169 mobilnya. Dan urutan kelima ditempati Mazda Motors yang menjual mobil sebanyak 12.156 unit.

Sekadar informasi, Israel yang beerpenduduk 9,21 juta jiwa itu menjadi negara dengan ekonomi yang kuat. Produk Domestik Bruto (PDB) negara ini pada tahun 2022 lalu (menurut Bank Dunia) mencapai US$ 488,53 miliar, sedangkan PDB per kapita masyarakatnya mencapai US$ 52.170.

Dengan profil ekonomi seperti itu, masyarakat Israel memiliki daya beli yang tinggi. Tingkat pendidikan hingga perguruan tinggi masyarakat mencapai 88,9 persen dan rata-rata melek teknologi, sehingga kualitas produk yang dijajakan di negara itu menjadi pertimbangan utama konsumen. (Din/Aa)

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id

Share This Article