Bisnis

Di Jepang, Penjualan Mobil BYD Lebih Joss Ketimbang Mobil Hyundai

×

Di Jepang, Penjualan Mobil BYD Lebih Joss Ketimbang Mobil Hyundai

Share this article
Peluncuran mobil listrik BYD Atto 3 di Jepang pada Januari 2023 - dok.Istimewa via ElectricBlue.Asia

Tokyo, Mobilitas – Ada 43 merek mobil asing dari Eropa, Amerika Serikat, dan Asia yang kini berjualan produknya di Jepang.

Data Asosiasi Diler Mobil Jepang (JADA) dan Asosiasi Importir Mobil Jepang (JAIA) yang dikutip Mobilitas di Jakarta, Kamis (13/7/2023) menunjukkan sepanjang Januari – Juni tahun ini, 2.450.599 mobil terjual di Jepang. Jumlah itu dibukukan 56 pabrikan (merek) baik lokal Jepang maupun dari luar negeri (asing).

Total angka penjualan selama semester pertama ini meningkat 17,5 persen dibanding jumlah angka yang dirup seluruh pabrikan selama periode sama pada 2022. Selama bulan Juni saja, total angka penjualan yang mereka dulang mencapai 392.719 unit, meningkat 19,8 persen dibanding bulan yang sama di 2022.

Di jajaran mereka asing atau luar negeri, pabrikan asal Eropa terbukti menguasai penjualan mobil asing di Negeri Matahari Terbit itu. Dalam kelompok 10 besar pabrikan penguasa pasar, lima di antaranya berasal dari Jerman, di luar itu dari Inggris dan Amerika Serikat.

Mercedes-Benz menjadi pabrikan dengan penjualan terbanyak di antara mereka. Pabrikan asal Jerman ini mengoleksi angka penjualan mobil sebanyak 25.597 unit, dan disusul oleh BMW yang menjual 16.692 unit, Volkswagen 12.639 unit, Audi 12.188 unit.

Hyundai Ioniq 5 di Jepang – dok.Kyodo News

Kemudian, pabrikan asal Inggris yakni MINI berada di urutan berikutnya dengan penjualan 8.884 unit. Berikutnya Volvo yang menjual mobil 7.982 unit, disusul Jeep dengan 6.167 unit, Peugeot 4.457 unit, Landrover yang menjual 4.443 unit, dan Porsche 4.227 unit.

Di luar 10 besar ini juga terdapat pabrikan asal Asia, khususnya dari Korea Selatan dan Cina. Pabrikan asal Korea adalah Hyundai, yang hanya membukukan penjualan sebanyak 229 unit.

Sedangkan dari Cina ada Build Your Dream (BYD) yang mulai menjual mobil listriknya BYD Atto 3 pada Januari 2023 . Ternyata penjualannya lebih joss ketimbang Hyundai, dengan total 577 unit.

Meski, pabrikan asal Cina – yakni Morris Garage atau MG, pabrikan asal Inggris yang sejak 2007 telah diakuisisi pabrikan Cina, SAIC Motor Corporation Limited – di periode ini penjualannya masih minim. MG hanya membukukan penjualan sebanyak 5 unit, bahkan di bulan Juni penjualannya nihil alias tak ada mobilnya yang terjual. (Swe/Aa)