Di Jerman, Motor BMW Kalah Laris dari Piaggio

0
1183
Skuter Piaggio yang dipasarkan di Jerman - dok.Motorcycles Data

Berlin, Mobilitas – Meski tak sesemarak di negara-negara Asia (terutama Cina, India, dan Indonesia), namun Jerman sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di kawasan Eropa juga menjadi pasar utama sepeda motor. Terlebih, negeri ini juga memiliki sepeda motor andalan dalam negeri yang pemasarannya telah menerobos berbagai negara di muka planet bumi.

Jerman, memiliki sepeda motor BMW – yang diproduksi oleh BMW Motorrad, anak perusahaan Bayerische Motoren Werke (BMW) Group – dengan ragam varian model yang disuguhkan. Namun, di sepanjang tahun 2021 kemarin, motor buatan dalam negeri itu penjualannya kalah cukup telak dengan motor asal Italia buatan Piaggio Group.

Seperti dilaporkan Motorcycles Data, Rabu (19/1/2022) di sepanjang tahun tersebut, total penjualan motor di Jerman mencapai 214.582 unit. Jumlah ini melorot 10,2% dibanding penjualan selama tahun sebelumnya.

Skuter BMW C400 GT – dok.Istimewa

Fakta data berbicara, Piaggio yang merajai penjualan di Negeri Panzer itu berhasil melego 29.532 motor. Jumlah ini naik 5,5% dibanding tahun 2020.

Pada saat yang sama, BMW Motorrad mengoleksi angka penjualan sebanyak 27.169 unit alias menciut 2,1% dibanding tahun sebelumnya. Artinya, BMW masih ditekuk oleh Piaggio.
“Bahkan pabrikan asal Italia itu telah berada di puncak daftar penjualan sepeda motor di Jerman sebanyak lima kali dalam 10 tahun terakhir,” tulis Motorcycles Data.

Pabrikan asal Jepang, Honda, berada di urutan ketiga dengan total penjualan sebanyak 26.204 unit. Jumlah penjualan merek berlambang sayap mengepak itu naik 7,7% dibanding tahun 2020.

Di tempat keempat ada Yamaha dengan total penjualan sebanyak 17.554 unit, meski penjualan merek ini secara tahunan ambles 18,6%. Berada di belakang Yamaha ada KTM yang di tahun itu produknya laku sebanyak 16.429 unit atau ambrol 27,3%.

Motor Honda yang dijual di Jerman – dok.Istimewa

Kemudian, Kawasaki berada di posisi keenam setelah mencatatkan penjualan sebanyak 14.229 unit. Angka yang dikantungi merek berjuluk Geng Hijau itu merosot 19,9%.
Harley-Davidson menguntit di belakang Kawasaki setelah berhasil melego motor buatannya sebanyak 7.895 unit. Meski, jumlah penjualan itu rontok 28,5% dibanding tahun 2020.

Satu catatan menarik yang diberikan situs riset sepeda motor itu adalah, tumbuhnya pasar sepeda motor listrik di Jerman dengan tingkat yang mengesankan, yakni 48,8% dibanding tahun 2020. Di segmen itu, motor listrik menempat urutan teratas, disusul Piaggio yang penjualannya meroket 217% dibanding tahun sebelumnya. (Din/Aa)