Dibanderol Rp 798 Juta di RI, Ini Kecanggihan Honda CBR1000R-R FireBlade Terbaru

Honda CBR1000RR-R Fireblade terbaru - dok.APT AHM

Jakarta, Mobilitas – Model terbaru motor supersport CBR1000RR-R Fireblade memiliki teknologi mesin dan sasis yang diadopsi dari balap, sehingga menjadikannya sebagai Street-Legal MotoGP Bike.

Direktur Marketing PT Astra Honda Motor (PT AHM) Dwi Octavianus menyebut model anyar ini tetap mempertahankan filosofi Total Control yang telah menjadi ciri khasnya. Namun, dia mendapatkan ubahan desain maupun teknis yang meningkatkan performa serta kenyamanan pengendara.

‘Fitur-fitur canggih seperti Throttle by Wire, pilihan mode berkendara, sistem pengereman, serta teknologi suspensi yang dihasilkan dari pengalaman di atas sirkuit memastikan pengalaman berkendara yang mendekati sensasi melaju di lintasan balap,” ujar Dwi dalam keterangan resmi PT AHM yang diterima Mobilitas di Jakarta, Kamis (26/9/2024).

Peningkatan pada sektor aerodinamika diwujudkan melalui winglet baru yang menghasilkan downforce lebih besar. Ubahan ini meningkatkan stabilitas pengereman serta memberikan grip yang lebih konsisten pada bagian depan, terutama saat melewati tikungan berkecepatan tinggi.

Kemudian, desain fairing bawah diperbarui agar mampu mengurangi aliran udara di sekitar ban belakang, sehingga handling motor meningkat di berbagai situasi berkendara. Ubahan itu juga memberikan kestabilan lebih baik di kecepatan tinggi, serta mengurangi hambatan angin baik saat akselerasi maupun menikung.

Spido meter digital Honda CBR1000RR-R Fireblade terbaru – dok.PT AHM

Tak ketinggalan tangki bahan bakar juga telah diubah agar lebih ergonomis. Sehingga cengkeraman lutut pengendara yang lebih baik, dan meningkatkan kapasitas bahan bakar.

Sementara, kompresi mesin ditingkatkan dari 13,4:1 menjadi 13,6:1, sehingga mesin berkapasitas 999,9 cc DOHC 4-silinder inline ini mampu menyemburkan tenaga 160 kW pada 14.000 rpm dengan torsi maksimum 113 Nm pada 12.000 rpm. Motor dengan perangkat suspensi depan dan belakang Showa Adjustable dibekali kaliper depan Nissin dengan cakram besar.

Perangkat pengereman dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) yang menawarkan tiga mode terbaru. Ketiganya adalah mode Sport, Track, dan Standard untuk menyesuaikan penggunaan di sirkuit mau pun jalan raya.

Fitur canggih lain di motor ini adalah Sensor advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis, Honda Electronic Steering Damper (HESD), pengaturan riding mode, kontrol traksi HSTC, serta Wheelie Control. Dengan serangkaian kecanggihan itu, PT AHM membanderolnya Rp 798 juta on the road Jakarta. (Anp/Aa)

 

Mengawali kiprah di dunia jurnalistik sebagai stringer di sebuah kantor berita asing. Kemudian bergabung dengan media di bawah grup TEMPO Intimedia dan Detik.com. Sejak 2021 bergabung dengan Mobilitas.id