Dikenalkan di GIIAS, Kehadiran Mobil Listrik Wuling Makin Pasti di RI

0
1197
Pengenalan platform Wuling GSEV atau platform mobil listrik Wuling di GIIAS 2021 - dok.Wuling

Tangerang, Mobilitas – Langkah demi langkah rencana kehadiran mobil listrik Wuling di Indonesia semakin pasti. Setelah Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan yang bertandang ke pabrik Wuling Motors Indonesia di Cikarang, Kamis (30/9/2021) sempat melihat dan mencoba mobil listrik Wuling Hongguang EV, kini Wuling Motors Indonesia memperkenalkan platform mobil listrik itu.

Nama platform tersebut Global Small Electric Vehicle (GSEV). Ini terdiri dari Wuling Hongguang Mini EV dan Wuling KiWi. Semuanya tercatat sebagai mobil bertenaga dari setrum berbanderol murah di Republik Rakyat Cina (Cina). Platform tersebut diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia melalui hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, pada Kamis (11/11/2021).

Wuling Motors menyebut pengenalan platform mobil listrik itu, sekaligus menjadi langkah awal Wuling dalam memasuki era elektrifikasi kendaraan di Indonesia.

Menko Marves Luhut mencoba Wuling Ho0ngguang Mini EV di saat berkunjung ke pabrik Wuling Motors Indonesia – dok.Wuling Motors

“Pengenalan GSEV oleh Wuling di GIIAS 2021 merupakan langkah nyata komitmen kami untuk mendukung program pemerintah Indonesia dalam hal percepatan elektrifikasi kendaraan. Inisiatif ini merupakan bentuk keseriusan Wuling di industri otomotif, serta mengambil peran dengan turut serta menghadirkan kendaraan listrik bagi konsumen Indonesia dalam waktu dekat,” ujar Vice President of Wuling Motors, Han Dehong, saat pengenalan platform tersebut di pameran otomotif yang berlangsung 11 – 21 November 2021 di ICE Serpong, Tangerang, itu.

Menurut Han Dehong, Keberhasilan platform Wuling GSEV di negara asalnya serta permintaan dari pasar global telah memotivasi Wuling untuk menghadirkan produk listriknya dan berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem EV di Indonesia. Dia menyebut platform mobil listrik ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, memiliki ukuran yang kecil namun lapang, dengan dukungan beragam fitur dan aspek keselamatan, dan juga teknologi modern.

Menko Marves Luhut B.P, Menkes Budi Sadikin, serta Menhub Budi Karya Sumadi berkunjung ke pabrik Wuling Motors Indonesia – dok.Wuling Motors

“Wuling memiliki beberapa produk berbasis GSEV yang telah terjual lebih dari 650.000 unit di Tiongkok, bahkan dinobatkan sebagai The Champion of China’s New Energy Sales selama 14 bulan berturut-turut. Respon yang sangat baik terhadap produk ini menunjukkan bahwa GSEV tidak hanya menjadi mobilitas yang modern, tetapi juga sarana untuk mengekspresikan diri,” papar dia.

Persiapan Wuling menghadapi era elektrifikasi kendaraan di Indonesia, lanjut Han Dehong, sudah dimulai sejak tahun 2018 dengan menghadirkan produk EV pertama di berbagai pameran otomotif. Kini, di GIIAS 2021, Wuling menunjukkan kesiapannya terhadap ekosistem EV di Indonesia dengan memamerkan dua produk berbasis platform GSEV.

Varian lain mobil listrik Wuling, KiWi EV – dok.Istimewa

“Saat ini kami sedang dalam tahap akhir persiapan memasuki era kendaraan listrik di Indonesia. Dalam waktu dekat, kami akan meluncurkan produk generasi berikutnya dengan platform GSEV. Mobil listrik ini tidak hanya akan dijual di Indonesia tetapi juga diproduksi di Tanah Air,” tandas Han Dehong

Terlaris
Wuling Hongguang Mini EV – yang merupakan salah satu mobil listrik Wuling – merupakan mobil listrik terlaris di Cina. Data dari China Passanger Car Association (CPCA) yang dilansir CNBC, belum lama ini menunjukkan, sepanjang Januari – September tahun ini, mobil tersebut terjual 131.427 unit di Cina.

Dia berada di urutan pertama disusul Tesla Model 3 yang laku 111.751 unit dan Tesla Model Y yang terjual sebanyak 92.933 unit. Sehingga total penjualannya sejak dijual pertama kali – pada Juli 2020 – hingga September tahun ini telah mencapai 531.000 unit lebih.

Seperti dilaporkan laman InsideEVs, Rabu (10/11/2021) selama bulan Oktober lalu – data yang dihimpun CPCA – menunjukkan mobil itu terjual 47.834 unit.

Mobil listrik baterai buatan SGMW, Wuling Hong Guang Mini EV – dok.Istimewa via Carscoops

“Jumlah itu naik lebih dari 100% dibanding penjualan selama Oktober 2020. Sehingga secara kumulatif penjualan sejak diluncurkan (Juli 2020) hingga Oktober 2021 telah mencapai hampir 500.000 unit,” bunyi keterangan asosiasi tersebut.

Data CPCA juga memperlihatkan selama bulan Oktober kemarin, total penjualan mobil listrik baterai Wuling (Wuling Hongguang dan Wuling KiWi EV) sebanak 51.081 unit. Dengan demikian, Wuling Hongguang EV yang terjual paling banyak. (Ara)