Diklaim Termoncer, Segini Penjualan Corolla Cross Hybrid di RI Saat Ini

0
1260
Toyota Corolla Cross hybrid - dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim, penjualan ritel (ke konsumen) mobil Toyota berteknologi yang dijajakannya hybrid sepanjang Januari hingga September tahun 2021 ini mencapai 1.409 unit. Dari jumlah itu, Toyota Corolla Cross memberi sumbangan yang cukup signfikan.

“Penjualan Corolla Cross Hybrid memberikan kontribusi paling signifikan terhadap total penjualan kendaraan hybrid (elektrifikasi) Toyota (Indonesia),” ujar Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, saat sharing session teknologi elektrifikasi Toyota yang digelar secara virtual di Jakarta, Jumat (29/10/2021).

Menurut Henry, sejak tahun 2007 menjual mobil berteknologi hybrid – yakni Prius – hingga tahun 2021 saat ini (dengan sejumlah model) Toyota Indonesia telah mengantongi angka penjualan sebanyak 4.975 unit. “Dan selama tahun 2021 hingga bulan September penjualannya (mobil elektrfikasi Toyota) menyentuh angka 1.409 unit,” kata dia.

Tampilan belakang Toyota Corolla Cross hybrid – dok.Istimewa

Sementara, data yang dihimpun Mobilitas dari catatan penjualan ritel yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang Januari hingga September tahun ini, total penjualan ritel Toyota Corolla Cross hybrid mencapai 1.070 unit. Jumlah ini merupakan angka mayoritas dari total penjualan Corolla Cross (baik hybrid maupun konvensional) di rentang waktu sembilan pertama 2021 tersebut.

Fakta data berbicara, di periode itu total penjualan ritel Corolla Cross mencapai 1.417 unit. Jumlah ini dikoleksi Corolla Cross pada bulan Januari sebanyak 151 unit, Februari 183 unit, Maret 178 unit, April 226 unit, Mei 208 unit, Juni 180 unit, Juli 79 unit, Agustus 104 unit, dan September 108 unit.

“Sejak awal diluncurkan pada bulan Juli tahun 2020 lalu, model hybrid memang mendominasi penjualan SUV kompak ini. Fakta ini menunjukkan, bahwa customer kita itu sangat rasional dalam memilih kendaraan. Karena bukan hanya ramah lingkungan dan pilihan seperti ini juga menjadi tren gaya hidup masyarakat dunia, tetapi model hybrid itu memang jauh lebih irit di tingkat fuel consumption-nya (irit BBM),” papar Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy yang dihubungi Mobilitas di Jakarta, Jumat (29/10/2021) petang.

Salah satu mobil hybrid buatan Toyota, Corolla Cross Hybrid – dok.Istimewa

Data yang dihimpun Gaikindo memperkuat pernyataan Anton. Fakta data itu memperlihatkan di selama lima bulan dijual ke konsumen (ritel) yakni dari Agustus hingga Desember 2020, total jumlah penjualan yang berhasil dikantongi Corolla Cross mencapai 765 unit. Jumlah tersebut diraup SUV itu pada Agustus sebanyak 121 unit, September 183 unit, Oktober 152 unit, November 139 unit, dan Desember 170 unit.

Sementara, dari jumlah tersebut, 652 unit di antaranya merupakan Corolla Cross hybrid. Sedangkan 113 unit lainnya model konvensional. Artinya, model hybrid memang sangat mendominasi. (Din/Aa)